Wabup Madiun Buka Gelang Ajar Pramuka

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Bertempat di Sanggar Pramuka Kabupaten Madiun, Wakil Bupati Madiun, Jawa Timur, H. Iswanto, selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Madiun, membuka Gelang Ajar Tahun 2017, Senin 17 April 2017.

Acara ini diikuti oleh 84 anggota Pramuka yang terdiri dari 69 peserta dari unsur Pembina Pramuka Tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, ditambah 15 orang panitia.

Gelang Ajar 2017 adalah merupakan wahana bagi Pembina Pramuka yang berfungsi untuk menguatakan tali silaturahmi, persahabatan dan tali persaudaraan antar Pembina Pramuka dari semua tingkatan dengan komposisi/jumlah berimbang antara Pembina Pramuka dari Pangkalan SD/MI, Pembina Penggalang dari Pangkalan SMP/MTs dan Pembina Pramuka Penegak dari Pangkalan SMA/SMK/MA baik putra maupun putri dari kwartir Ranting.

Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi, kapasitas dan kualitas pembina Pramuka sekaligus untuk meminimalisir kesenjangan kompetensi, kapasitas dan kualitas pembina Pramuka.

Dalam sambutannya Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Madiun H. Iswanto, mengharapkan agar seluruh peserta Gelang Ajar 2017 ini untuk aktif sharing, berbagai pengetahuan, bertukar pengalaman dan saling mengisi.

“Sehingga sepulang dari mengikuti kegiatan ini seluruh pembina Pramuka mempunyai bekal kemampuan yang hampir sama dan dapat dikembangkan di gugus depannya masing-masing,” harap H. Iswanto.

Melalui Gelang Ajar ini, lanjutnya, Pembina Pramuka diharpakan terbiasa menggunakan prinsip-prinsip dasar metode Pendidikan Kepramukaan (PDMK) dalam pembelajaran dan mengimplementasikan PDMK sesuai dengan kondisi, kepentingan dan perkembangan masyarakat Kabupaten Madiun.

“Sandingkan PDMK dengan pendidikan karakter dan kurikulum 2013 untuk mendukung kegiatan Pramuka sebagai kegiatan ekstrakulikuler wajib pada kurikulum 2013,” tambahnya.

Pada kesempatan ini, H. Iswanto, juga menginformasikan beberapa kegiatan penting yang akan diikuti Kwarcab gerakan Pramuka Kabupaten Madiun. Diantaranya Festival Kampung Kelir yang diselenggarakan di perkemahan Wira Karya Jombang untuk Pramuka Penegak pada 17-20 April 2017.

“Kemudian Kemah Budaya Nasional. Yang mana Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Madiun akan mewakili Kwarda. Gerakan Pramuka Prov Jawa Timur ke Tingkat Kwarnas pada tanggal 13-17 Juli 2017 di Palangkaraya Kalimantan Tengah dan Raimuna Nasional yang akan dilaksanakan pada 13-21 Agustus 2017 di Buperta Cibubur Jakarta Timur,” jelasnya.

Untuk diketahui, saat ini Pemerintah Kabupaten Madiun berupaya untuk dapat mewujudkan Sanggar Pramuka yang representatif untuk Diklat atau Workshop. Tidak hanya itu. Pada tahun 2017 ini juga akan diselesaikan pembangunan tapak kemah, lapangan upacara, menara pantau dan fasilitas lainnya termasuk pagar keliling.

Sedangkan untuk meningkatkan kegiatan Pramuka di alam terbuka, maka secara bertahap di Bumi Perekamahan Kresek juga akan dibangun fasilitas pendukung untuk melengkapi yang sudah ada. Yaitu pembangunan 1 unit MCK putri kapasitas 8 bilik dan 1 unit MCK putra dengan kapasitas 2 bilik. Rencananya pada tahun 2017 ini akan ada pemasangan jaringan listrik. (Bag. Humas Setda Kabupaten Madiun/editor Dibyo).

Foto: Bag. Humas Setda Kabupaten Madiun.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *