Wabup Sumenep Minta Guru Tanamkan Nilai-Nilai Karakter Anak Sejak Usia Dini

SUMENEP, beritalima.com|Pemerintah Kabupaten Sumenep berharap para guru anak usia dini, mengedepankan pendidikan karakter untuk menghasilkan anak-anak yang cerdas, berahlak dan bermoral.

Wakil Bupati (Wabup) Sumenep, Achmad Fauzi, SH mengatakan, perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) mempengaruhi nilai-nilai karakter seorang anak, sehingga bisa memicu sikap yang melanggar baik norma-norma agama dan etika dalam kehidupan bermasyarakat.

Untuk itu, pendidikan usia dini merupakan masa-masa penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak dalam membentuk karakter dirinya.

“Para guru pendidikan usia dini, jelas mempunyai peran yang sangat penting guna membentuk karakter peserta didiknya menjadi generasi yang cerdas, berahlak, bermoral dan terampil dalam menjalani kehidupannya,” jelas Wakil Bupati pada Workshop Kreasi Senam Anak Indonesia dan Alat Permainan Edukatif, di Aula SDN Pancor III Gayam, Senin (17/02/2020).

Ia berharap, seorang guru memiliki tugas bukan sekedar mentransfer ilmu pengetahuan, melainkan juga mempunyai tanggungjawab dalam membentuk karakter peserta didik dengan menanamkan nilai-nilai karakter yang berbudaya lokal.

“Para guru memiliki tugas berat untuk membentuk karakter anak, mengingat mencetak karakter peserta didik yang berbudaya tentu sangat sulit, manakala dibandingkan dengan mendidik anak dengan memberikan pelajaran ilmu pengetahuan,” tuturnya.

Seorang guru hendaknya mampu membentuk karakter peserta didiknya baik dalam bertutur kata, bergaul, bersikap dan bertindak yang mencerminkan kearifan lokal masyarakat Sumenep, harapannya agar mereka menjadi generasi bangsa yang bukan hanya cerdas intelegensial semata, namun menghasilkan generasi bermoral, spiritualitas, berbudaya dan berkarakter.

“Yang jelas, pembentukan karakter anak ini tidak hanya dilakukan seorang guru semata, namun juga butuh peran orang tua sebagai keluarga yang membangun nilai-nilai pendidikan karakter sedini mungkin kepada anaknya,” tegas Wakil Bupati.

Wakil Bupati mengungkapkan, berkomitmen mendukung setiap kegiatan peningkatan mutu dan kualitas pendidikan usia dini di daerah, supaya anak-anak bisa mendapatkan akses pendidikan yang memadai.

“Dengan sarana dan prasarana yang memadai tentu saja peserta didik bisa berkembang secara optimal karena mendorong proses pendidikannya,” pungkasnya.

(MC/ An)