Wabup Touna Terima Piagam Penghargaan Peduli HAM

  • Whatsapp

Ampana- Wakil Bupati Kabupaten Tojo Una-Una Ilham Lawidu menghadiri Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia ke-75 Tahun 2023, sekaligus menerima Piagam Penghargaan peduli HAM, Kegiatan tersebut berlangsung secara virtual di Ruang Polibu Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Senin (11/12/2023)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Ma’mun Amir, Wakil Wali Kota Palu Reny A. Lamadjido, Wakil Bupati Banggai Furqanuddin Masulili, Perwakilan Pemda Poso, Morowali, Donggala, Ketua Komnas HAM Sulteng, Perwakilan Ombudsman Sulteng, Para Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulteng.

Dalam Kesempatan itu, Wagub Drs.H.Ma’mun Amir menyampaikan permohonan maaf Gubernur H.Rusdy Mastura yang sedianya akan menghadiri Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia, berhubung Gubernur H.Rusdy Mastura telah dijadwalkan audiensi bersama Menteri Kelautan dan Perikanan di Jakarta, sehingga belum dapat menghadiri kegiatan tersebut.

“Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia merupakan refleksi bersama tentang perjalanan panjang dalam menjaga, menghormati, dan memajukan Hak Asasi Manusia di seluruh dunia, khususnya di Sulawesi Tengah,”ujar Wagub Sulteng.

Menurutnya, Sulawesi Tengah sebagai bagian dari Indonesia, negara yang memegang teguh prinsip Hak Asasi Manusia, turut berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap warga negara memiliki hak-hak dasar yang dijamin dan dihormati. Sebagaimana tertuang dalam visi gerak cepat menuju Sulawesi Tengah Yang Lebih Sejahtera Dan Lebih Maju, yaitu misi kedua, Mewujudkan Reformasi Birokrasi, Supremasi Hukum, dan Penegakkan Nilai-Nilai Kemanusiaan dan HAM.

Peringatan ini sekaligus juga menjadi ajang untuk mengapresiasi upaya pemerintah daerah, khususnya kabupaten/kota yang telah menunjukkan kepedulian dan dedikasi tinggi terhadap Hak Asasi Manusia.

“Saya sangat bangga dan berbahagia, sebab ini memperlihatkan komitmen nyata dalam memajukan Hak Asasi Manusia di daerah kita,”jelasnya.

Selanjutnya Dalam sesi wawancara Wakil Bupati Tojo Una-Una menyampaikan Alhamdulillah serta ucapan selamat atas prestasi yang di raih hari ini. Semua ini bisa dicapai karna dukungan Masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una serta seluruh Instansi yang terkait.

“Kepada semua pihak terkait tetap semangat dan bekerja keras, Semoga di Tahun-tahun berikutnya Kabupaten Tojo Una-Una dapat meraih pencapaian yang lebih lagi dari Tahun ini,”ucap Wabup Touna.

Wabup katakan, daftar Kabupaten/Kota yang menerima Piagam Penghargaan Peduli Hak Asasi Manusia yang di serahkan oleh Wakil Gubernur dan didampingi Ka Kanwil Kementerian Hukum dan HAM :

1. Kota Palu

2. Kabupaten Banggai

3. Kabupaten Morowali

4. Kabupaten Tojo Una-Una

5. Kabupaten Poso

6. Kabupaten Donggala.

Pemberian penghargaan ini berdasarkan SK Menteri Hukum dan HAM nomor M.HH-03.HA.02.01.01 tahun 2023 tanggal 15 November 2023 tentang Penetapan Kab/Kota Peduli HAM

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait