Wabup Tulungagung Hadiri HUT Ke-5 Kampung Pelangi Mulyosari, Pagerwojo

  • Whatsapp

Tulungagung, beritalima.com- Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kampung Pelangi Ke-5, Desa Mulyosari, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, menggelar acara Bazar dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Acara HUT Ke-5 bertempat, di lokasi Kampung Pelangi ,Dusun Pabyongan, Mulyosari. Mulai hari Jum’at – Sabtu, tanggal 12-13 Agustus 2022.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo S.E, anggota DPRD Heru Santoso, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bambang Ernawan, Kades Mulyosari Agil Wuisan, Forkopimcam, perangkat Desa, LPM, beserta tamu undangan.

Dalam sambutannya, Kades Agil menyampaikan selamat datang kepada Wabup Tulungagung, ditengah kesibukannya bisa hadir khusus untuk menyapa warga Mulyosari.

“Selamat datang Wabup Tulungagung di Kampung pelangi. Kampung pelangi adalah destinasi wisata yang murni berasal dari swadaya masyarakat, mulai dari ide, tenaga, bahkan sampai biaya,” sambut Agil. Jum’at, (12/08/2022).

Agil memaparkan, berawal dari lomba kebersihan lingkungan tahun 2018, akhirnya, warga mempunyai inisiatif untuk menghias kampungnya dengan warna warni. Selanjutnya, banyak dikunjungi oleh wisatawan dan berkembang hingga saat ini.

Menurutnya, secara khusus Desa Mulyosari berani memproklamirkan menjadi desa wisata. Kampung pelangi tumbuh dan berkembang berkat kekompakan dan swadaya masyarakat.

“Kedepan, Kita bersama Asosiasi Desa Wisata Indonesia ( Asidewi) Kabupaten Tulungagung, ingin menghidupkan kembali Desa wisata. Salah satu caranya adalah kerjasama dari semua Dinas Kebudayaan Dan pariwisata, Dinas Pendidikan,” tutur Agil.

Menambahkan, Anak usia Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD), sebelum berkunjung ke destinasi wisata yang ada di Tulungagung, tidak diizinkan berwisata keluar kota dulu.

Lanjutnya, berharap kampung pelangi bisa hidup dan berkembang lagi seperti semula. Paket wisata sudah disiapkan, Mulai dari edukasi, hiburan, olahraga, dan lainnya.

Wabup juga diperlihatkan kincir air baru karya warga Mulyosari, yang dinilai membawa dampak positif guna menghemat biaya listrik.

“Kincir air tujuannya adalah memanfaatkan tenaga yang ada di sekitar, menghasilkan energi listrik untuk menyalakan lampu hias di kampung pelangi, sehingga, dapat menghemat biaya. Sekaligus, Wabup meresmikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) yang bergerak di bidang susu. Baru saja kami membeli kendaraan baru, semoga bisa membawa dampak ekonomi bagi warga Mulyosari,” tutup Agil.

Sementara itu, Wabup Gatut Sunu Wibowo mengucapkan selamat HUT Kampung Pelangi Ke-5.

“Semoga, Kampung Pelangi semakin sukses dan semakin banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah. Bisa memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Tulungagung,” ucap Wabup.

Lebih lanjut, paparnya, secara pribadi dan mewakili Pemerintah Kabupaten Tulungagung, mengucapkan banyak terimakasih kepada para pembina pengelola kampung pelangi yang sudah berjalan selam 5 tahun ini. Sudah mengedukasi serta hidup dalam pemberdayaan di bidang pariwisata.

“Saya berharap, di tahun-tahun yang akan datang bisa berlanjut dan berkesinambungan. Mencapai hasil dan tujuan sesuai yang kita harapkan semua,” Harapnya.

Eko Ketua panitia menambahkan, adanya Bazar dan UMKM, untuk menjadikan lingkungannya menjadi lingkungan yang berkreasi.

“Tetap semangat dan terus meningkatkan kreatifitas demi kemajuan dan keindahan kampung pelangi,” tambah Eko.

Kegiatan HUT Kampung Pelangi yaitu, bazar dan UMKM, pentas kesenian jaranan, rampak barong, senam masal, karawitan.

“Bazar dan UMKM dengan tujuan, ingin meningkatkan kembali perekonomian kami yang selama ini mengalami keterpurukan akibat adanya pandemi Covid-19,” terangnya.

Selain itu, menurut Eko, tentunya, kampung pelangi ingin terus berkembang dan lebih maju lagi dari sebelumnya.

“Kami harap, Wabup terus memberi dorongan dan motivasi untuk pengembangan dan edukasi di Kampung Pelangi ini,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait