Wabup Tulungagung Membuka Pameran Keris di TB2KS

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Wakil Bupati Tulungagung H. Gatut Sunu Wibowo S.E, menghadiri sekaligus meresmikan pembukaan pameran keris dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tulungagung Ke-817.

Pameran Keris diselenggarakan, di UPT Taman Bina Bakat dan Kompetensi Siswa (TB2KS) Tulungagung, Kamis, (20/10/2022).

Hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung, Kapolres Tulungagung, Dandim 0807, Kepala Kajari Tulungagung, Ketua Pengadilan Negeri Tulungagung, Sekretaris Daerah Tulungagung, Kepala OPD Lingkup Kabupaten Tulungagung, Ketua Hari Jadi Kabupaten Tulungagung Ke-817 Tahun 2022, Para kolektor Keris Se-Kabupaten Tulungagung dan Ketua Pelaksana Pameran Keris bersama anggota.

Wabup Gatut Sunu mewakili Bupati Tulungagung mengatakan, bahagia dan bangga bisa menghadiri acara pameran Keris yang dilaksanakan guna memperingati Hari Jadi Kabupaten Tulungagung Ke-817.

” Kami, mewakili atas nama Pemerintah Kabupaten Tulungagung dan pribadi mengucapkan Terimakasih kepada Panitia pelaksana bersama jajaran serta pihak–pihak yang sudah mendukung acara pada hari ini. Sehingga, bisa berjalan dengan lancar tanpa ada halangan suatu apapun,” kata Wabup.

Menurutnya, Pameran Keris ini, tidak hanya semata berfungsi sebagai senjata taktis tradisional, keris juga mempunyai nilai-nilai filosofis, kosmologis dan ontologis yang tinggi.

Lebih lanjut, paparnya, keris melekat sebagai benda simbolik orang Jawa, dan telah mengambil porsi besar sebagai bagian dari pembentuk sistem simbolis kebudayaan jawa sekaligus juga mengisyaratkan bagaimana pentingnya posisi keris secara kebudayaan.

“Maka itu, kegiatan ini sebagai salah satu sarana pelestarian warisan budaya adi luhung ini,” papar Wabup.

Wabup juga berharap, kegiatan seperti ini bisa mengedukasi masyarakat dan generasi penerus bangsa, agar mengenal lebih dekat dengan budaya leluhur.

“Saya berharap, setelah adanya kegiatan ini, bisa memberikan edukasi kepada masyarakat maupun para komunitas pecinta Keris serta dapat melestarikan Kebudayaan khususnya di Kabupaten Tulungagung ini,” harap Wabup Sunu.

Pameran Keris, dapat menjadi wahana pelestarian dan pengembangan nilai-nilai budaya di Kabupaten Tulungagung.

“Terima kasih tak terhingga sudah mengadakan kegiatan pameran keris untuk nguri-uri Budaya Jawa, dan dengan ini saya nyatakan dibuka dan bisa dimulai,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait