Wagub Emil: Optimis Sektor Sport Tourism Cepat Bangkit

  • Whatsapp

Malang, beritalima.com – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mendukung kebangkitan sektor pariwisata olahraga atau Sport Tourism di Jatim pada masa pemulihan pasca pandemi Covid-19.

Emil panggilan akrab Wagub Jatim itu mengapresiasi kolaborasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) dalam mengadakan perlombaan balap mobil itu. Pasalnya, gelaran ini mampu meningkatkan pariwisata Kabupaten Malang melalui Sport Tourism.

“Pemprov Jatim menyambut baik terselenggaranya kegiatan Kejuaraan Nasional Sprint Rally tahun 2022 ini. Even ini bisa menjadi stimulus bagi kebangkitan pariwisata di Jatim, khususnya untuk sektor Sport Tourism,” ungkap Emil ketika menghadiri penutupan HIPMI Jatim Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022 di Puslatker TNI-AL Bedali, Lawang, Malang pada Minggu (24/7).

“Acara ini, dan terlebih sektor ini, menarik minat luar biasa dari segala penjuru Indonesia,” imbuhnya.

Emil lalu menjelaskan, dibandingkan dengan tahun 2020 dan 2021, Jatim kini mengalami peningkatan di sektor pariwisata pada 2022. Kenaikan ini terlihat dari jumlah wisatawan mancanegara yang meningkat sebesar 9,62%.

Karenanya, hal ini menjadi cambukan bagi Jatim untuk terus mengolah potensi wisatanya. Tentu, Sport Tourism adalah satu di antaranya.

Menurut Wagub Jatim itu, banyak daerah di Jatim yang memiliki peluang besar untuk dikembangkan sebagai tempat penyelenggaraan wisata olahraga.

Diantaranya, kawasan yang kini menjadi tempat diselenggarakannya Kejurnas Sprint Rally 2022. Yaitu kawasan Lawang, malang. Kemudian juga ada wilayah Pacitan, Lumajang, dan daerah lainnya yang bisa dikembangkan untuk kawasan wisata olahraga.

“Kita bisa komunikasi nanti dengan yang berwenang supaya ini bisa dijadikan sebuah destinasi yang menarik minat dari berbagai penjuru Indonesia untuk datang ke Lawang. Terlebih karena sirkuit ini sangat potensial,” katanya.

“Kami dari pemprov dan Dispora tentu sangat mendukung hal ini,” dukungnya.

Ia menambahkan, diadakannya even ini salah satunya juga ditujukan untuk mengangkat pariwisata dan UMKM di Sirkuit Terpadu Puslatker TNI-AL Bedali, Lawang, Malang.

“Selain kegiatan inti sprint rally, pada rangkaian itu juga akan digelar bazaar UMKM dan hiburan rakyat. Tujuannya, selain mengenalkan Sport Tourism, juga mengangkat potensi UMKM masyarakat sekitar untuk sama-sama bangkit pasca pandemi,” sebutnya.

Mantan Bupati Trenggalek itu juga menyampaikan harapan besarnya atas adanya pembibitan atlet muda yang baik. Ini mengingat bahwa beberapa peserta di ajang ini berusia remaja dan menunjukkan kemampuan serta antusiasme yang tinggi di bidangnya.

Sebelum perlombaan ditutup dengan penyerahan trofi, Wagub Emil berkesempatan untuk meninjau stan-stan UMKM di area panggung utama.

“UMKM bisa menikmati ajang ini juga, dan ini bisa menjadi peluang bagi pekerja-pekerja terampil untuk menunjukkan kemampuan mereka. Di sekitar sini juga banyak homestay dan penginapan yang turut diuntungkan,” pujinya.

Ia optimis bahwa keseluruhan acara ini akan membawa angin segar bagi industri pariwisata dan UMKM di sekitar wilayah Lawang.

“Dengan ini maju terus industri olahraga dan otomotif Indonesia. Pariwisata maju, olahraga maju,” seru Emil.

Sebagai informasi, panjang lintasan yang dilalui peserta mencapai sekitar 5,2 km dengan kondisi jalan yang menantang, dengan pandangan persawahan, perkebunan, dan pegunungan.

Even seri pembuka sprint rally nasional tersebut akan digelar 2 putaran/seri. Seri 1 sebagai pembuka berlangsung pada Sabtu (23/7), dan langsung dilanjutkan seri 2 keesokan harinya, Minggu (24/7). Jumlah peserta di ajang tersebut mencapai 114 orang.

HIPMI Jatim Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022 melombakan beberapa kelas, mulai M (sedan 4WD), F (sedan 2WD), R (RC), J (Jeep), serta kelas non Kejurnas, yakni Jeep sampai dengan 1000 cc, serta UTV dan Tubular.
(red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait