Wagub Jatim : Sektor Pariwisata Jadi Andalan Majukan Ekonomi

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Sektor pariwisata menjanjikan potensi yang luar biasa dalam memajukan perekonomian Jatim di masa mendatang. Dari tahun ke tahun, sektor pariwisata menunjukkan tren positif, dimana berkontribusi cukup besar bagi PDRB Jatim yaitu sebesar Rp. 106 triliun.

Demikian disampaikan Wagub Jatim, Drs. H. Saifullah Yusuf pada acara Gelar pesona Etnik Jatim dan Launching Seni Pariwisata Disbudpar tahun 2018 di Gedunh Cakdurasim, Surabaya, Sabtu(20/1) malan.
Gus Ipul sapaan akrabnya, menuturkan pariwisata Jatim bisa menjadi sektor yang menjanjikan apabila dikemas dengan menarik dengan menonjolkan kebudayaan lokal. Wisata harus dikembangkan menjadi tontonan menarik untuk semua generasi, baik turis lokal maupun mancanegara.

Dengan dikemas menjadi lebih menarik, maka turis akan berbindong bondong ingin mengunjungi Jatim. Dari data, ada tahun 2009 jumlah kunjungan turis mancanegaea sebanyak sekitar 300ribu, saat ini mencapai 600 ribu. TaRgetnya sAmpai dengan tahun 2019 ada sekitar 1 juta turis yang mengunjungi Jatim. “Perlu kerja keras agar turis menyenangi budaya Jatim.Oleh sebab itu, potensi wisata harus digali dan dikemas dengan baik,” ujarnya.

Wagub Jatim menambahkan, jumlah kunjungan turis ke Jatim juga dipengaruhi oleh infrastruktur. Dengan digalakkannya pembangunan tol yang menghubungnan Jateng dengan Jatim, maka Menjadi potensi semakin meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan.

Sementara itu, Kadisbudpar Jatim, Djarianto menuturkan pariwisata Jatim tiap tahunnya mengalami peningkatan. Pada tahun 2016 kunjungan wisatawan lokal sebanyak 54 juta orang, meningkat 4-5 persen pada tahun 2017 sebanyak 58 juta lebih.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *