Wagub Peringati Kemerdekaan Bersama 250 JCH

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 kali ini tidak hanya diperingati Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Orang kedua di jajaran Pemerintahan Provinsi Jawa Timur ini juga memperingati bersama 250 Jemaah Calon Haji (JCH) di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Kamis (17/8).

Wakil Gubernur Jatim yang sering disapa Gus Ipul (GI) ini memimpin secara langsung dalam seremonial peringatan tersebut sebagai Inspektur Upacara (Irup). Tampak hadir mendampingi beberapa pejabat di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Jatim dan UPT Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Dalam sambutannya, Gus Ipul yang mengenakan baju koko warna putih dan bersarung itu mengajak kepada seluruh JCH untuk senantiasa mencintai bangsanya. Kendati banyak suka dan duka, serta manis dan pahitnya perjalanan bangsa, rakyat Indonesia saat ini masih diberikan kemakmuran dan rahmat oleh sang pencipta.

“Mengapa demikian, karena kita semua ini kan bisa menikmati semua yang ada di bangsa ini juga karena berkat rahmat Allah SWT,” katanya.

Selain bersyukur, pada kesempatan itu, Gus Ipul juga mengajak kepada seluruh JCH untuk ikut mendoakan bangsa dan negara Indonesia ketika berangkat haji nanti. “Saya menitipkan untuk kita semua bisa mendoakan bangsa Indonesia. Biar apa, biar bangsa kita semakin kuat untuk mengatasi berbagai masalah dan juga agar bangsa kita semakin maju,” pintanya.

“Apalagi pekerjaan rumah bangsa ini masih banyak untuk diselesaikan, pertama soal kesenjangan sosial, kedua masalah kemiskinan, dan ketiga persoalan infrastruktur. Ini semua menjadi PR kita ditengah banyaknya prestasi yang diraih,” imbuhnya.

Khusus bagi para JCH yang akan berangkat beribadah haji, Gus Ipul berpesan agar mereka bisa menjaga kondisinya dengan baik. “Jangan lupa bapak ibu bisa menjaga kondisi kesehatan biar menjalankan ibadah haji nanti bisa berjalan lancar,” himbaunya.

Sementara itu, Kepala UPT Asrama Haji Surabaya, Samsul Anam mengatakan, 250 JCH yang ikut dalam peringatan tersebut berasal dari Kabupaten Pamekasan. Mereka merupakan JCH Kelompok Terbang (Kloter) 60 dan 61.

“Kami merasa bersyukur karena kondisi bangsa kita ini aman, nyaman dimana kita bisa menjalankan ibadah dengan baik,” kata Samsul Anam.

Karena kondisi tersebut, tambahnya, tak salah kalau semua CJH ikut memperingatai kemerdekaan Bangsa Indonesia dengan khidmat. “Kuncinya itu, bagaimana kita bisa bersyukur. Apalagi kemerdekaan itu kan hasil perjuangan para syuhada. Dan kita bisa menikmati kemerdekaan, dan ini perlu disyukuri,” tambahnya.

Lomba Makan Kerupuk

Seusai pelaksanaan peringatan kemerdekaan RI ke 72 dalam suasana seremonial upacara, Gus Ipul juga mengajak kepada para JCH untuk terlibat dalam lomba dadakan. Lomba yang digagas secara spontan itu berupa lomba makan kerupuk. Ada empat peserta yang ambil bagian.

“Ini spontan saja koq,” tandas Wakil Gubernur Jatim ini.

Suasana semakin meriah ketika kerupuk yang diikat dalam seutas tali itu dikerumuni banyak JCH. Ada empat JCH yang ikut maju dalam lomba tersebut. Gus Ipul yang mengomando dimulainya lomba menjadi kemeriahan suasana lomba.

“Terima kasih gus kopinya,” tandas salah satu JCH pemenang lomba. (rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *