Walikota Madiun Optimis Raih Predikat Kota Sehat

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Tim verifikasi lapangan untuk penghargaan Kota Sehat tingkat Nasional telah selesai melaksanakan tugasnya di Kota Madiun, Jawa Timur, Rabu. Kepulangan mereka, dilepas Walikota, Rabu 4 September 2019.

Dalam prosesi pelepasan tersebut, disampaikan evaluasi dari hasil penilaian tim verifikasi lapangan. Mendengar hal itu, Walikota optimis Kota Madiun mampu meraih predikat Swastisaba Wistara. Yakni, penghargaan Kota Sehat level tiga.

Walikota Madiun, H. Maidi, mengatakan, menjaga kebersihan dan kesehatan adalah kewajiban bagi seluruh lapisan masyarakat di Kota Madiun. ‘’Tidak ada penilaian pun itu sudah otomatis,’’ kata H. Maidi.

Walikota menjamin, jika ada OPD maupun masyarakat yang tidak menjaga kebersihan dan kesehatan, akan mendapatkan teguran langsung darinya.

Pada penilaian Kota Sehat, ada beberapa lokasi yang menjadi fokus perhatian tim penilai. Antara lain, kantor dinas, sekolah, perusahaan, sarana transportasi umum, fasilitas umum, taman, serta tempat pembuangan akhir (TPA).

Ketua tim verifikasi dari Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, Imam Surahman, dalam paparan evaluasinya menuturkan, Kota Madiun secara umum banyak memenuhi kriteria Kota Sehat. Hal ini terlihat dari kebersihan setiap lokasi yang dikunjunginya. Salah satunya, Dinas Pendidikan.

‘’Dinas Pendidikan mencerminkan lingkungan kantor yang sehat. Lokasinya luas, tidak terlalu bising, ruangannya terbuka, dan di setiap anak tangga ada penyekat. Disana juga terdapat ruang ASI. Kami berharap, model perkantoran Dinas Pendidikan dapat diterapkan di kantor lainnya,” terang Imam.

Tak hanya itu, Imam juga memuji kebersihan yang terjaga di dalam fasilitas umum. Misalnya seperti di Terminal Purbaya. ‘’Tim kami sempat mencoba menggunakan toilet penumpang dan tempatnya cukup bersih,’’ ungkapnya.

Imam pun berharap agar Kota Madiun bisa mendapatkan hasil yang terbaik dari penilaian ini. ‘’Semua akan kami laporkan berdasarkan hasil dari lokasi yang sudah dikunjungi. Secara keseluruhan sudah cukup mencerminkan tatanan itu berjalan. Tinggal menunggu hasil dari rapat pleno,’’ tambahnya.

Sebelumnya, Kota Madiun telah mendapatkan berbagai predikat. Diantaranya Adipura sebanyak 14 kali, Kota Layak Anak, Kota Ramah Lansia serta angka usia harapan hidup semakin meningkat. Hal itu meningkatkan rasa percaya diri Pemkot untuk dapat meraih Kota Sehat kali ini. (Kominfo. Editor: Dibyo).

H. Maidi (atas tengah).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *