Dana Banpol Dianggarkan Rp 1,5 Miliar, Penyalurannya Dibagi 2 Tahap

  • Whatsapp

BANGKALAN- Badan Kesatuan Bangsa dan Polutik (Bankesbanpol) Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,5 miliar untuk dana bantuan partai politik (Banpol) tahun 2019.

Penyaluran dana banpol tersebut dibagi menjadi dua tahap. Pada tahap pertama ada 10 partai politik (parpol) yang akan menerima bantuan tersebut. Yakni parpol Gerindra, PDI-P, PPP, Demokrat, PKB, PKS, Hanura, Nasdem, Golkar, dan PAN.

Sedangkan tahap kedua ada 11 parpol yang menerima bantuan, yakni parpol Gerindra, PDI-P, PPP, Demokrat, PKB, PKS, Hanura, Berkarya, Golkar, PAN, dan Perindo.

Kepala Bankesbanpol Kabupaten Bangkalan, Bambang Setiawan mengatakan, tahap pertama berdasarkan perolehan suara pada pemilu 2014. Sedangkan tahap kedua berdasarkan perolehan suara pemilu 2019.

Bambang menjelaskan, bantuan tahap pertama untuk 10 parpol dihitung per bulan Januari-Agustus 2019 dengan total anggaran sebesar Rp 1.049.154.581.

Sedangkan untuk 11 parpol tahap kedua anggarannya sebesar Rp 470.531.184 terhitung sejak bulan September-Desember 2019.

“Jadi saya berharap parpol penerima bantuan ini dapat menyerap semua dengan baik,” ucap Bambang. Rabu (4/9/2019).

Kenapa ada dua tahap?, Bambang mengungkapkan, karena pada tahap pertama ada 10 parpol yang memperoleh kursi DPRD Bangkalan periode 2014-2019.

Sedangkan tahap kedua sesuai perolehan kursi DPRD Bangkalan periode 2019-2024. “Tahap kedua ini ada 11 parpol,” katanya.

Ia berharap, semua parpol secepatnya untuk mengajukan proposal agar bantuan tersebut segera dicairkan. Hingga saat ini ada 2 parpol yang belum mengajukan proposalnya.

Namun Bambang enggan menyebutkan parpol apa yang belum mengajukan proposal tersebut. “Dalam waktu dekat ini mereka sudah akan menyetor, antusiasnya teman-teman ini luar bisa,” tandasnya.(Rus)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *