Walikota Madiun Siapkan Taman Khusus Untuk Disabilitas

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Kaum disabilitas juga bagian dari masyarakat. Keberadaan mereka juga harus diperhatikan. Dalam hal ini, Pemerintah terus berupaya memberikan yang terbaik bagi orang-orang berkebutuhan khusus tersebut.

Walikota Madiun, Jawa Timur, H. Maidi, akan lebih banyak perhatian kepada mereka ke depan.

‘’Anak-anak berkebutuhan khusus ini tentu membutuhkan perhatian khusus. Kesulitan-kesulitan yang muncul baik dari pengasuh, yayasan, maupun orang tua, tentu pemerintah harus turun tangan,’’ kata H. Maidi, usai menghadiri senam dan gelar seni bersama anak penyandang disabilitas se-Kota Madiun di Lapangan Gulun, Selasa 18 Juni 219.

Walikota menambahkan, bakal menggelar koordinasi bersama mereka. Tidak hanya disabilitas anak-anak. Namun, juga yang dewasa. Tujuannya, menyerap aspirasi mereka dan mencarikan solusi untuk mewujudkannya. Masukan dari kaum disbilitas dirasa penting untuk jalannya pembangunan.

“Pembangunan ke depan wajib memperhatikan kebutuhan-kebutuhan orang-orang berkebutuhan khusus tersebut. Akan kita kumpulkan dan kita cek. Kira-kira kesulitan guru dan pengasuhnya seperti apa, kesulitan orang tuanya di rumah seperti apa. Program yang sudah jalan seperti apa, peningkatannya bagaimana. Ini penting agar semua terakomodir,’’ tuturnya.

Pembangunan, lanjutnya, untuk kesejahteraan masyarakat. Artinya, semua bisa menikmati tanpa pilih kasih. Untuk itu, berencana membangun taman dengan fasilitas khusus untuk kaum disabiltas. Di dalamnya juga terdapat galeri untuk menampung karya anak-anak berkebutuhan khusus tersebut. Galeri juga sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras mereka. Selain itu, juga akan ada lebih banyak event khusus sebagai ajang ekspresi dan penyaluran minat serta bakat bagi mereka.

‘’Anak-anak ini tidak cukup hanya diberi pendidikan dan kesehatan. Setelah dewasa nanti apa kira-kira pekerjaan yang tepat. Penyaluran setelah lulus ini juga penting. Ini yang terus kita lakukan,’’ ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Madiun, Heri Suwartono, mengatakan, berbagai perhatian sudah diberikan kepada disabiltas. Terutama pelatihan yang rutin dilaksanakan setiap bulan di kantor UPTD Dinasnya.

“Pelatihan tentu butuh ditingkatkan. Hal itu sesuai arahan bapak walikota. Kami siap mengakomodir arahan bapak walikota. Tentu dengan menggandeng leading sektor terkait. Salah satunya, dalam pembangunan taman khusus disabilitas permintaan bapak walikota,” kata Heri.

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya Wakil Walikota, Inda Raya dan Sekda Rusdiyanto. (Sumber Kominfo. Editor:Dibyo).

Ket.Foto: H. Maidi (kiri atas), Inda Raya (kiri bawah).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *