Walikota Palembang Dampingi Presiden RI Jokowi Tinjau LRT Palembang

  • Whatsapp

PALEMBANG, BeritaLima.com – Presiden RI Meninjau LRT. Dipalembang, Sumatera Selatan, Jumat salah satu rangkaian kegiatan presiden Di Palembang memastikan kesiapan pengoperasian Light Rail Transit (LRT).

“Pembangunan LRT Sumsel dilaksanakan untuk melayani kebutuhan transportasi massal untuk masyarakat di wilayah Sumatera Selatan serta dalam rangka mendukung Asian Games 2018. kata Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Zulfikri dalam keterangan tertulis, Jumat (13/7/2018).

Pembangunan LRT Palembang dimulai sejak 2015. Ini sekaligus merupakan implementasi dari program pembangunan perkeretaapian yang tercantum dalam Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (RIPNas) 2030 yang disusun oleh Kementerian Perhubungan.

Dengan alokasi pembiayaan yang berasal dari APBN sebesar Rp 10,9 triliun, jalur LRT Sumsel akan menghubungkan Bandara Internasional Mahmud Badaruddin II menuju kawasan Jakabaring Sport City serta stasiun tujuan akhir, Stasiun DJKA sepanjang 22,3 km.

Saat dioperasikan, terdapat 13 stasiun pemberhentian, terdiri atas: Stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin, Stasiun Asrama Haji, Stasiun Punti Kayu, Stasiun RSUD, Stasiun Garuda Dempo, Stasiun Demang, Stasiun Bumi Sriwijaya, Stasiun Dishub, Stasiun Cinde, Stasiun Ampera, Stasiun Polresta, Stasiun Jakabaring, dan Stasiun DJKA.

Ketika dioperasikan, lama waktu berhenti di setiap stasiun kurang lebih 40 detik. Khusus di Stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II yang merupakan stasiun awal serta Stasiun DJKA yang merupakan stasiun tujuan akhir, begitupun sebaliknya lama waktu berhenti adalah sekitar 5 menit.

PT INKA (Persero) berencana melakukan pengujian kereta Light Rail Transit (LRT) Palembang. Sumatera Selatan. Kementerian BUMN
Adapun waktu tempuh perjalanan LRT Sumsel dari Stasiun Bandara hingga Stasiun DJKA adalah 49 menit, dengan pengaturan headway antarkereta 17 menit.

“Sehingga dalam satu hari akan ada 108 perjalanan LRT Sumsel dengan menggunakan 6 trainset LRT,” ucap Zulfirkri.

Waktu pengoperasian LRT Sumsel ini dimulai pukul 04.00 WIB dan berakhir pukul 22.20 WIB, sehingga lama waktu operasi LRT Sumsel adalah 18 jam 20 menit.

Dibangun dengan konsep konstruksi elevated track (jalur layang), LRT Sumsel menjadi LRT yang pertama kali dibangun serta dioperasikan di Indonesia.

“Hal tersebut di atas menjadi catatan sejarah baru bagi pengembangan perkeretaapian Indonesia. Patut mendapatkan apresiasi, karena LRT Sumsel ini merupakan karya putra-putri Indonesia. Sejak dimulainya tahapan konstruksi, pembangunan fasilitas operasi, pembangunan stasiun, penyediaan sarana train set LRT, tahapan pengujian prasarana dan sarana hingga pengoperasian LRT Sumsel ini, semuanya dilakukan oleh putra-putri terbaik Indonesia,” pungkasnya.

(NN)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *