Warga Desa Jarin di Pamekasan, Terima Sertifikat Tanah Program PTSL

  • Whatsapp

Kepala Desa Jarin, H. Muzakki, ketika memberikan secara simbolis Sertifikat Tanah Program PTSL, Kepada salah satu warganya yang berpusat di Balai Desa[Foto:Andy.k Reporter Beritalima.com].

PEMEKASAN, Beritalima.com| Badan Pertanahan Nasional(BPN) meyerahkan Sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap(PTSL), di Desa Jarin, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Senin(27/01/2020).

Penyerahan sertifikat tanah program PTSL tersebut dihadiri oleh PLH BPN Pamekasan, Bhabinsa Koramil/06 Pademawu, Bhabinkamtibmas Polsek Pademawu, Kepala Desa Jarin dan Ratusan warga, tepatnya di Balai Desa Jarin.

Pejabat Pelaksana Harian (PLH) BPN Pamekasan Andri Satriyo, Mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan penyerahan atas kepemilikan Sertifikat bidang tanah bagi yang mengikuti program PTSL di Desa Jarin, yang sudah hampir mencapai kurang lebih 1.700 Sertifikat.

“Ini sudah tahap ke-4 untuk Desa Jarin kita laksanakan mulai dari pensosialisasian PTSL, penyuluhan, pemasangan patok hingga pengukuran Tanah masing-masing bidang. Alhamdulillah tidak ada masalah hingga pemberian sertifikat yang hampir kurang lebih mencapai 1.700 Sertifikat,”katanya, usai penyerahan sertifikat di Balai Desa Jarin, Senin(27’01/2020).

Dirinya berharap dengan adanya program PTSL masyarakat bisa memanfaatkan sebaik-baik mungkin. Dan tidak menyalahgunakannya.

“Semoga mereka selanjutnya bisa tenang menggarap sawanya dan tidak ada sengkata lahan. Karena masing-masing warga sudah memiliki sertifikat,”imbuhnya Andri.

Namun dikatakan olehnya untuk pelaksanaan pemberian sertifikat di Desa Jarin, akan masih berlanjut hingga Hari Rabu mendatang.

Karena masih ada dari sebagian warga yang mendaftar PTSL yang tidak bisa hadir pada waktu penyerahan sertifikat.

“Mungkin mereka lagi sibuk di sawah atau ada yang bekerja, tapi kita upayakan sampai Hari Rabu selesai semuanya,”jelasnya Andri.

Sementara hal itu dibenarkan oleh Kepala Desa Jarin H. Muzakki, bahwa pemberian Sertifikat PTSL di Desanya sudah hampir mencapai 100%.

“Alhamdulillah berkat kerjasama yang baik antara BPN dan perangkat Desa, Masyarakat, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, pelaksanaan PTSL di Desa Jarin Hampir mencapai 100%,”ucapnya.

Dirinya sangat bersyukur selaku Kepala Desa Jarin, atas terselenggaranya program PTSL di Desanya itu. Karena dengan adanya program ini, masyarakat bisa memanfaatkan dan berbondong-bondong mendaftarkan atas bidang tanahnya bagi yang belum bersertifikat.

“Mulai tahap awal hingga akhir terlaksananya penyerahan sertifikat Bidang Tanah program PTSL ini, berdasarkan pengakuan dari pihak masyarakat, yang mengikuti program PTSL tidak ada masalah dan kendala apapun. Karena semua sistemnya terbuka dan tranparansi,”jelasnya.

Terpisah dari pengakuan sebagian masyarakat yang mendaftarkan bidang tanahnya itu ketika sedang mengambil sertifikatnya merasa sangat puas dan senang juga bahagia. Disamping itu karena bidang tanahnya sudah tersertifikat secara legal.

“Ya mas kami, selaku warga Desa Jarin sangat bahagia sekali, karena tanah bidang kami sudah tersertifikat. Dan sesuai dengan pagu dan aturan yang ada, yaitu biayanya Rp=150 Ribu,”terang Thohir selaku warga Desa Jarin sehabis menerima Sertifikat.

“Alhamdulilah berkat bantuan Kepala Desa Jarin, dengan loyalitasnya kepada warga dan keterbukaan hingga keteransparansiannya Desa Jarin semakin makmur dan maju,”pungkas Hafiruddin selaku warga setempat yang juga bersama-sama menerima Sertifikat.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait