Warga Desa Kandangan Punya 4 Permintaan Pada PT BSI, Apa Saja ?

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Warga Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, punya 4 permintaan kepada PT Bumi Suksesindo (PT BSI). Pertama, sebagai pelaku investasi diminta lebih mengedepankan masyarakat sekitar dalam perekrutan tenaga kerja.

Kedua, PT BSI selaku anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk, diminta agar bisa memberi kepastian dalam penyaluran bantuan anggaran APBDes. Perusahaan harus bisa memberikan program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pemberdayaan ekonomi masyarakat pelaku UMKM.

Bacaan Lainnya

“Yang keempat, masyarakat meminta adanya keterlibatan UMKM desa, sebagai suplayer kebutuhan perusahaan,” kata Kepala Desa (Kades) Kandangan, Riyono, Selasa (13/12/2022).

Aspirasi masyarakat Desa Kandangan tersebut disampaikan saat Tim Terpadu Forpimda Banyuwangi, menggelar sosialisasi tentang investasi PT BSI. Sosialisasi yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu ini dipimpin oleh Plt Kepala Kesbangpol Banyuwangi, Muhammad Lutfi. Turut dihadiri perwakilan Polresta Banyuwangi dan Kodim 0825 Banyuwangi.

Peserta sosialisasi meliputi perangkat Desa Kandangan, tokoh masyarakat, tokoh agama, karang taruna dan lainnya.

“Insya Allah kami Pemerintah Desa Kandangan akan selalu mendukung PT BSI. Karena tujuan keberadaan investasi tentunya untuk kepentingan masyarakat,” ungkapnya.

Riyono mengakui, keberadaan PT BSI telah membawa dampak positif terhadap peningkatan perekonomian masyarakat. Dia berharap, manfaat tersebut bisa dirasakan secara lebih merata oleh masyarakat.

“Karena itulah kami terus menjalin hubungan baik dan berkoordinasi dengan manajemen PT BSI. Targetnya, kami bisa mengupayakan pemerataan manfaat keberadaan pelaku investasi,” cetusnya.

Seperti desa lain di Kecamatan Pesanggaran, Pemerintah Desa Kandangan juga meminta agar suntikan anggaran APBDes sebesar Rp500 juta pertahun bisa terus berjalan. Harapannya, nominal bisa ditambah mengingat kenaikan harga bahan bangunan terus terjadi seiring lonjakan harga BBM.

Untuk diketahui, PT BSI merupakan perusahaan pertambangan emas Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yang terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Selain telah memiliki legalitas resmi dari pemerintah, anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk ini juga ditetapkan sebagai Objek Vital Nasional (Obvitnas) sejak 16 Februari 2016, oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), melalui Surat Keputusan Nomor : 651 K/30/MEM/2016. (bi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait