Warga Tlogosari Konsumsi Air Hujan Menjadi Perhatian Satgas TMMD 107

  • Whatsapp
Warga dibantu anggota TNI sedang membuat talang air hujan (Joe beritalima.com)

SITUBONDO,beritalima.com – Kesulitan warga desa Tlogosari Kecamatan Sumber Malang Situbondo mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari – hari menjadi perhatian Anggota TNI yang sedang bertugas dilokasi Pra TMMD ke 107.

Sehari – harinya warga desa Tlogosari mengandalkan air hujan yang diirkan melalui talang dari bambu kemudian ditampung ditempat penampungan untuk keperluan mandi dan mencuci bahkan tak jarang untuk dikonsumsi karena air dari sumber air yang berjarak sekitar 5 kilometer mengalir ke rumah – rumah warga sangat minim.

Bacaan Lainnya

“Karena dusun kami diperbukitan dengan tanah bebatuan, satu – satunya sumber air berjarak 5 kilometer dialirkan pakai selang, itupun harus bergantian karena debit airnya kecil, terpaksa air hujan kami tampung untuk kami keperluan sehari – hari,”Ujar Sukri salah satu warga. Minggu (8/3/2020).

Kondisi warga tersebut menarik perhatian Babinsa desa tlogosari Kopka Zakaria Kowi dan Danramil 16 Sumber Malang Kapten Inf M.Rohman disela – sela pengerjaan TMMD ke 107 di desa Tlogosari.

“Kondisi warga perihal kebutuhan air bersih akan kami laporkan ke Komandan Kodim 0823, karena sesuai tugas yang diberikan komandan TMMD bukan hanya fokus pada pengerjaan fisik semata, semoga nantinya ada solusi untuk warga,” Harap M.Rohman.

Selama musim penghujan, tampungan air hujan sangat diandalkan oleh masyarakat di kawasan itu untuk memasak, mandi dan mencuci, Sedangkan ketika musim kemarau warga setempat terpaksa mengambil air dari mata air secara langsung karena debit air mengecil, diperparah dengan banyaknya selang atau pipa bocor sepanjang 5 kilometer. (Joe)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait