Waspada Hidrometeorologi Dan La Nina

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
Wakil ketua DPD PDIP Jatim Hari Putri Lestari SH MH mengungkapkan keprihatinannya, pada musim penghujan seperti saat ini, musibah datang silih berganti. Mulai dari banjir bandang, tanah longsor, hingga meletusnya gunung Semeru. Oleh karena itu, HPL, panggilan akrab Hari Putri Lestari, menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap segala kemungkinan jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

HPL menyebutkan, sejak sebelum musim hujan beberapa waktu yang lalu, BMKG (Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika) mengingatkan, pada pertengahan bulan Desember hingga akhir bulan Pebruari 2022, curah hujan sangat tinggi. Rata-rata 30-70 persen lebih banyak, sehingga kemungkinan akan adanya banjir dan tanah longsor, sangat besar.

“Hati-hati musim hujan deras, dengan curah hujan yang sangat tinggi akan terus terjadi. Sampai dengan akhir Pebruari 2022, apalagi BMKG sudah mengingatkan risiko potensi Hidrometereologi dan La Nina. Waspada dan persiapan jika sewaktu-waktu terjadi musibah” terang anggota komisi E DPRD provinsi Jatim ini.

Menurut HPL kemungkinan banjir besar bisa terjadi di setiap wilayah, terlebih jika daerah tersebut menjadi langganan banjir pada saat musim penghujan.

“Curah hujan yang sangat tinggi, bisa mengakibatkan bencana banjir, banjir bandang, tanah longsor, karena itu, masyarakat harus waspada. Jika ada barang berharga, barang elektronik saluran listriknya jangan sampai terkena air, atau terendam air, karena akibatnya bisa fatal. Lebih baik mempersiapkan sedini mungkin agar ketika terjadi bencana, tidak banyak kerugian yang akan diderita,” sambung HPL.

“Kami telah dan terus berusaha membantu upaya pencegahan bencana dan penanggulangan bencana di Jawa Timur,” pungkasnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait