Waspada Musim Panca Roba, Jakut Rawan DBD

oleh -206 views

JAKARTA, Beritalima.com-

Musim pancaroba merupakan rawan berbagai penyakit. Salah satunya penyakit demam berdarah tak heran jika dibeberapa rumah sakit pemerintah maupunn swasta di Jakarta Utara saat ini banyak didatangi pasien yang terkena Demam Berdarah Dangue (DBD) yang sebagian besar menyerang anak-anak.

“Anak saya sudah lima hari terbaring di rumah sakit, dan ia divonis terkena demam berdarah. Untung saja kami langsung membawanya kerumah sakit,” ujar R.Siregar (44) orangtua pasien dari Angga 13 tahun yang dirawat di RSUD D Koja Jakarta Utara, Jumat (09/09/2016).


Selain Angga beberapa anak juga dirawat di ruang yang sama akibat terjangkit DBD yakni Arjuna 6 tahun Warga RW 8 Tg Utara dan Nadia 9 tahun warga RW 3 Lagoa. “Saya berharap pihak terkait secepatnya melakukan fogging di wilayah kami agar tidak ada lagi yang terserang DBD,”kata R.Siregar.

Sementara itu Dr Helmi, Kasudin Kesehatan Jakarta Utara menjelaskan, penyakit demam berdarah ini terjadi saat musim pancaroba dan bisa menyerang siapa saja. Khusus bagi anak-anak memang sangat rentan dan tergantung dari fisik dan kekebalan tubuhnya.

“Jika melihat kondisi anak terserang demam panas tak turun-turun selama tiga hari, badan lemas, tak nafsu makan untuk segera melakukan pengecekan ke puskesmas maupun rumah sakit. ini untuk mencegah terserang demam berdarah,”ujarnya, Jumat (09/09/2016).

Ditambahkan Dr.Helmi, Pola hidup bersih juga menjadi salah satu untuk mencegah mewabahnya penyakit demam berdarah.Seperti melakukan pengecekan pada bak mandi, tempat barang bekas yang dapat menampung sisa air hujan maupun jemuran pakaian yang ada didalam rumah. Termasuk tempat anak-anak bermain yang perlu pengawasan orangtua.

“Kalau bisa saat anak-anak anda bermain sebaiknya diberikan losion anti nyamuk agar terhindar dari gigitan saat bermain,” pungkasnya.(Edi)