Wilayah Jatim Bakal Diguyur Hujan Lebat

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Seluruh wilayah Jawa Timur hari ini Jumat (3/2) diprediksi hujan lebat disertai petir. Hanya Kab.Banyuwangi, Kab Pacitan, Kab. Ngawi, Kab. Trenggalek, dan Kab. Tulungagung yang intensitas hujannya ringan hingga sedang. Untuk itu diharapkan kewaspadaan masyarakat.
Harapan tersebut disampaikan Karo Humas dan Protokol Pemprov. Jatim Benny Sampir Wanto mengutip informasi tentang ramalan cuaca yang diterimanya dari BPBD Prov. Jatim.

Ditambahkan, kecepatan angin di wilayah Jatim diperkirakan 28 km/jam. Intensitas hujan dan kecepatan angin tersebut,perlu menjadikan kewaspadaan bersama, sebab jika bertemu dengan beberapa faktor lain dapat menimbulkan bencana. Misalnya, kontur tanah tidak kuat dan umur pohon yang tua akan menjadikan longsor dan tumbangnya pohon.
“Oleh sebab itu jika kecepatan angin sudah diatas 25 km/jam akan bisa mengakibatkan pohon roboh atau longsor. Demikian pula jika hujan jatuh bersamaan datangnya air pasang, dipastikan banjir terjadi.,” ujarnya.

Hal tersebut telah terbukti seperti yang terjadi beberapa waktu belakangan ini, yaitu banjir di Pantura Pasuruan dan Probolinggo, banjir dan tumbangnya pohon-pohon di beberapa jalan di Kab. Mojokerto, serta Magetan. Intinya, masyarakat perlu waspada dengan cuaca ekstrem yang diperkirakan akan terjadi sampai Maret tahun ini. “Upaya yang bisa dilakukan masyarakat misalnya apabila mendung dan hujan perlu dihindari terlalu dekat pohon,” pungkasnya. (YHi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *