Wisata Kapal Pesiar Randuboto, Tingkatkan Perekonomian UKM Desa

  • Whatsapp

GRESIK,beritalima.com- Gelontoran anggaran Pemerintah yang fantastis untuk pembangunan di Desa dimanfaatkan Pemdes Randuboto Kecamatan Sidayu untuk membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Salah satu inovasi yang patut ditiru yakni memanfaatkan potensi keindahan aliran Bengawan Solo untuk dijadikan wisata perahu yang didisain seperti Kapal Pesiar.

Dengan adanya, wisata ini berdampak positif terhadap perenomian warga, karena terserapnya tenaga kerja lokal dan bertumbuhnya Usaha Kecil Menengah (UKM) disekitar lokasi wisata, seiring bertambahnya pengunjung. ” Alhamdulillah pendapatan kita meningkat sejak ada wisata yang baru ini,” ujar Nur Ida, salah satu penjual aneka makanan di sekitar lokasi.

Hal senada juga diungkapkan penjual lain, Muarifah Rohim (46). Perempuan ini mengaku pendapatannya meningkat dua kali lipat saat hari libur. ” wisata ini ramainya,,hari jumat, sabtu, minggu, pendapatanku bisa dua kali lipat. Sehari bisa sampai 1 juta mas,” kata Muarifah.

Sementara itu, Kepala Desa Randuboto Andi Sulandra, saat ditemui menjelaskan, tujuan awal membangun wisata ini memang meningkatkan geliat perekonomian warga, terutama di sektor UMKM. ” Di sekitar wisata ada 25 stand UKM, baik dikelola Bumdes maupun milik pribadi,” ujarnya.

Selain berdampak positif pada perekonomian, Andi Sulandra juga mengatakan, Wisata yang memanjakan pengunjung keliling aliran hulu sungai ini bisa menjadi pundi-pundi Pendapatan Asli Desa (PADes) serta membuat warga ramah lingkungan, karena sebelum ada wisata, tempat ini tak terawat, banyak sampah-sampah berserakan.

Kedepannya, Lanjut Andi, Pemdesnya akan membuat wisata baru yakni membuat wisata kolam pancing dan sentral kuliner produk asli Desa. ” Sekarang ini Bumdes kita ada sekitar 5 Unit usaha. Ada Gapoktan, PDAM, TPI,Pasar, Wisata Perahu, Tambangan (Jasa Penyeberangan menggunakan perahu-red),” pungkasnya

Terkait hal ini, Wakil Ketua DPRD Gresik, Nur Qholib ikut angkat bicara. Pertama Ia meminta Pemkab Gresik memberikan atensi terhadap perkembangan wisata Desa Randuboto. ” Pengembangan Wisata di Desa Randuboto harus ditopang Pemerintah Daerah,Saya yakin tempat itu nanti bisa menjadi andalan Destinasi Wisata di Gresik,” ujarnya.

Kedua Lanjut, Nur Kholib, Pemdes Randuboto, harus melibatkan semua elemen masyarakat, bergotong royong membesarkannya.” Semua elemen perangkat, BPBD, Pemuda, Ibu-ibu, kompak bersama-sama menyatukan persepsi,” tambahnya.

Pria yang dikenal pejuang Desa mandiri ini juga menambahkan, bila Pemdes Randuboto terkendala teknis seperti peningkatan menejemen maupun, kurangnya anggaran, mereka (Pemdes Randuboto-red) bisa menggandeng pihak ketiga. ” Jika ada kendala teknis, mereka bisa kerjasama dengan pihak ketiga,” pungkasnya. (Ron)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *