Role Model PTSP Goes To Mall hadir di Jakarta Selatan

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com – Tantangan global telah membawa pengaruh pada berbagai aspek kehidupan bernegara pada bangsa- bangsa di dunia tidak terkecuali di Indonesia. Sebagai negara berkembang, Indonesia dituntut untuk bisa mengikuti kemajuan di berbagai bidang seperti ilmu pengetahuan, teknologi, informasi, komunikasi, investasi, perdagangan dan lain sebagainya. Berangkat dari hal tersebut Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta menginisiasi lahirnya Role Model “PTSP Goes to Mall” Provinsi DKI Jakarta di Lantai 3 A, Blok M Square, Jakarta Selatan, Selasa, (4/9/2018) yang diresmikan langsung oleh Walikota Kota Administrasi Jakarta Selatan. Acara peresmian diwarnai dengan kegiatan Talkshow bertajuk “Membangun Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Jakarta”.

“pertumbuhan usaha dan penciptaan lapangan kerja yang seluas-luasnya dapat berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi di Jakarta, Oleh sebab itu kami merasa sangat perlu untuk mendorong pertumbuhan usaha terutama UMKM agar berdaya saing dan terus tumbuh berkelanjutan. Salah satu upayanya adalah dengan memudahkan pengurusan perizinan usaha seperti yang kami lakukan melalui “PTSP Goes to Mall” ini,”tutur Wakil Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Denny Wahyu Haryanto.

Melalui “PTSP Goes to Mall” masyarakat dapat berkonsultasi dengan petugas terkait izin usaha, mengajukan permohonan perizinan dan non perizinan. Denny juga menuturkan bahwa pengurusan izin usaha dapat langsung dilakukan di tempat dengan catatan pemohon telah melengkapi seluruh berkas persyaratan yang dibutuhkan. Dengan kehadiran PTSP Goes To Mall di Blok M Square, masyarakat setempat atau yang memiliki aktifitas usaha disekitar wilayah ini dapat dengan mudah mengakses pelayanan PTSP tanpa perlu datang ke service point UP.PTSP Kelurahan, Kecamatan, Kota atau Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta.

“jenis- jenis pelayanan yang kami hadirkan disini cukup lengkap. Dengan kemudahan yang kami tawarkan, Insha Allah kedepannya semakin banyak warga yang tergerak untuk mendirikan usaha barang/ jasa yang memiliki nilai manfaat, menciptakan lapangan kerja baru dan turut berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi di Jakarta tanpa takut dengan sistem birokrasi yang berbelit,” tutur Denny.

PTSP Goes To Mall adalah inovasi layanan yang lahir dengan memadukan prinsip marketing dan prinsip kerjasama sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Inovasi layanan ini terselenggara berkat sinergi Pemerintah, Swasta, Media dan Masyarakat yang dilakukan secara berkesinambungan dan masif di seluruh wilayah Jakarta.

“PTSP Goes To Mall” merupakan ikhtiar bersama dalam mewujudkan good governance dan kami bersyukur telah masuk dalam jajaran TOP 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) tahun 2018 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KEMENPAN-RB RI) yang saat ini sedang dilakukan penilaian untuk masuk dalam TOP 40,” ujar Denny.

Sebagaimana diketahui Inovasi layanan “PSTP Goes to Mall’ telah berlangsung sejak Oktober 2015 dan menuai sukses penyelenggaraannya pada sepanjang tahun 2017 lalu, berhasil bekerjasama dengan 29 Pusat Perbelanjaan atau Mall di Jakarta. Kegiatan ini mendapat sambutan positif dan diminati warga Ibukota, bekerjasama dengan lebih dari 29 Pusat Perbelanjaan atau Mall di Jakarta serta mendapatkan sambutan positif dan diminati warga Jakarta terutama pada akhir pekan (Jumat s.d. Minggu), Secara total PTSP Goes to Mall tercatat melayani lebih dari 4000 orang sepanjang tahun 2017.

“PTSP Goes To Mall, menjawab tantangan zaman dalam memenuhi harapan masyarakat akan kemudahan dalam pengurusan perizinan/non perzinan. Maka di tahun 2018 ini direncanakan 126 kegiatan PTSP Goes To Mall yang dilakukan di 33 Pusat Perbelanjaan/Mall di wilayah Jakarta dan kami membuka Role Model PTSP Goes To Mall yang bertempat di Lantai 3A, Blok M Square, merupakan contoh ideal pelaksanaan PTSP Goes To Mall yang diharapkan mampu menjadi percontohan bagi Mall- Mall lain di Jakarta dan dibuka setiap hari senin s.d. jumat pukul 10. 00 s.d. 16.00,“ ujar Denny.

Sementara itu, Walikota Kota Administrasi Jakarta Selatan, Marullah Matali menyampaikan apresiasi atas dilaksanakannya inovasi layanan PTSP Goes To Mall sebagai sinergi antara pengusaha dan pemerintah yang merupakan cerminan evolusi kota Jakarta menuju City 4.0 sesuai Visi Gubernur Provinsi DKI Jakarta “Maju Kotanya, Bahagia Warganya”

“saya melihat PTSP Goes To Mall selaras dengan penerapan City 4.0 yang sering dikatakan oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, yaitu adanya sinergi antara pengusaha dan pemerintah, dimana pemerintah kota sebagai kolaborator dan warga sebagai ko-kreator” ujar Marullah saat meresmikan Role Model PTSP Goes To Mall Provinsi DKI Jakarta, selasa (4/9/18).

Marullah menambahkan, Urus izin Sendiri itu Mudah, masyarakat dihimbau untuk tidak perlu menggunakan jasa pihak ketiga/calo dan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan dan jika terkendala waktu dapat memanfaatkan Inovasi Layanan Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB). Serta seluruh biaya yang dikeluarkan sudah transparan.

“tidak satu Rupiah pun yang boleh diberikan kepada petugas pelayanan. Sekali lagi saya tegaskan, ini komitmen kita. Tidak lagi ada yang namanya Pungutan Liar. Jika ada yang pungut di luar biaya retribusi yang sudah ditetapkan maka jangan segan untuk melaporkan kepada saya” ujar Marullah menghimbau masyarakat/ hadirin yang hadir.

Direktur Blok M Square, Panailian Simanjuntak mengapresiasi program PTSP Goes To Mall yang ada di Blok M Square diharapkan seluruh tenant dapat memanfaatkan inovasi layanan ini dengan sebaik-baiknya.

“hadirnya PTSP Goes To Mall bukan hanya dinantikan oleh pengunjung, tetapi juga oleh seluruh tenant yang ada di Blok M Square, sehingga pelaku usaha dan masyarakat tidak hanya mendengar, tetapi mengetahui secara nyata pengurusan perizinan/non perizinan di Jakarta sudah sangat MUDAH sehingga dapat mengurus SENDIRI tanpa menggunakan pihak ketiga, dan tidak ada alasan untuk tidak mengurus Izin dalam membuka usaha di Blok M Square,” ujar Panailian.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan penyerahan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) yang telah selesai di proses kepada para pengusaha di lingkungan Kota Administrasi Jakarta Selatan. IUMK diserahkan langsung oleh Walikota Kota Administrasi Jakarta Selatan didampingi Wakil Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Kepala UP PTSP Kota Administrasi Jakarta Selatan dan Kepala UP PTSP Kecamatan Kebayoran Baru.

Tentang Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta merupakan Perangkat Daerah yang memiliki kedudukan sebagai unsur pelaksana urusan pemerintahan bidang penanaman modal dan penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan di DKI Jakarta, memiliki 316 service point atau Unit Pelaksana yang tersebar pada Kantor Kelurahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten Administrasi dan Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta. Dalam perjalanannya, DPMPTSP Memiliki Inovasi layanan guna memberikan kemudahan kepada Masyarakat Jakarta, diantaranya : Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB), Mobil AJIB, Tanya PTSP 1500-164, Antrian Online, Tanda Tangan Elektronik, Jasa Arsitek

Gratis untuk bangunan rumah tinggal dengan luasan dibawah 200 m2 , IMB 3.0, PTSP Goes To Mall, Pelayanan Terpadu Keliling Kepulauan Seribu, dll.

Caption :
Launching Role Model PTSP Goes to Mall Provinsi DKI Jakarta di Lantai 3 A, Blok M Square, Jakarta Selatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *