Wujud Ketauladanan, Ketua Umum BKOW Prov. Jatim Berbagi Daging Qurban

  • Whatsapp

SIDOARJO, beritalima.com – Hari Raya Idul Adha merupakan momentum untuk saling berbagi dan peduli terhadap sesama masyarakat yang membutuhkan dan kurang mampu. Momentum itu, merupakan wujud ketauladanan sekaligus bentuk refleksi yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS bersama istri Siti Hajar terhadap putranya Nabi Ismail As.
Demikian disampaikan Ketua Umum Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Prov. Jatim Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf berbagi daging qurban bersama ratusan masyarakat di sekitar Kantor BKOW Prov. Jatim Jalan Bandilan No17 Waru, Sidoarjo, Kamis (23/8).

Dikatakannya, wujud ketauladanan yang ditunjukkan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail AS merupakan salah satu bentuk cermin serta cara memaknai nilai nilai kecintaan dan ketaatan antara manusia kepada Allah SWT yang diwujudkan dalam penyembelihan hewan qurban. “Penyembelihan hewan qurban ini sebagai bukti ketakwaan dan pendekatan diri kepada Allah SWT,” ujarnya.

Fatma menjelaskan, bahwa Hari Raya Idul Adha merupakan perwujudan kepada umat muslim yang melaksanakan ibadah haji dan menyempurnakan ibadah haji setelah pelaksanaan wukuf di padang arofah sebagai puncaknya.
“Semoga saudara kita yang melaksanakan ibadah haji diberi keselamatan dan menjadi haji yang mabrur serta kembali ke Indonesia dengan selamat,” imbuhnya.

Sementara itu, penyembelihan hewan Qurban yang dilaksankanan oleh BKOW Prov. Jatim merupakan agenda rutin setiap tahun yang dibagikan kepada masyarakat serta takmir sekitar masjid maupun musholla.
Dalam laporannya, Ketua Panitia Dra. Edi Kusumastuti Apt mengatakan, kegiatan dimaksudkan sebagai pelaksanaaan program kerja bidang sosial dan lingkungan hidup BKOW Prov. Jatim berupa penyembelihan hewan qurban.

Tujuan dari kegiatan ini antara lain, dapat menumbuhkan pembelajaran tentang keikhlasan dan ketaatan seperti yang dicontohkan lewat ketauladan nabi. Melalui peringatan Idul Adha 1439 H diharapkan dapat membangkitkan semangat persaudaraan dan persatuan antar anggota masyarakat.

BKOW Prov Jatim tahun ini, berkurban sebanyak dua ekor sapi dan satu kambing. Ketiga hewan tersebut di sembelih dan dibagikan kepada penerima yang terdiri dari takmir dan jamaah masjid/mushola sekitar Kantor BKOW Prov. Jatim, Ponpes Al Hikmah Gresik, Panti Asuhan Yayasan Darul Hikam dan Panti Asuhan Yayasan Akhlakul Karimah Gedangan Sidoarjo. (rr).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *