XL Axiata Salurkan 1.000 Paket Donasi Untuk Nelayan

  • Whatsapp

JEMBRANA, beritalima.com | XL Axiata menyiapkan 1.000 paket donasi buat para nelayan di Banten, Bali, Sumatra Utara, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Maluku, serta Papua Barat.

Donasi karyawan XL Axiata dan Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) Kementerian Kelautan dan Perikanan itu untuk membantu para pekerja sektor informal yang terkena dampak pandemic Covid-19.

Mulai disalurkan Kamis (21/5/2020) dan ditargetkan selesai pertengahan Juni 2020. Aksi sosial XL Axiata ini, selain bekerjasama dengan BROL Kementerian Kelautan dan Perikanan, juga menggandeng para mitra kerja yang selama ini turut membina para nelayan, yaitu Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) dan Yayasan Benih Baik.

Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih, mengatakan, program ini sengaja ditujukan untuk masyarakat nelayan, salah satu komunitas yang sangat terimbas wabah Covid-19.

Menurutnya, sejak adanya pandemi ini, permintaan hasil tangkapan nelayan menurun drastis. XL Axiata, BROL, dan Bakamla, sangat memahami beratnya beban nelayan saat ini. Karena itu, paket donasi buat mereka berisikan sembako, vitamin, serta masker wajah.

Selain nelayan, XL Axiata juga siap menyalurkan paket bantuan berupa 200 kit-set handphone untuk para tenaga penyuluh nelayan Dinas Kelautan dan Perikanan di beberapa daerah. Mereka diharapkan dapat membantu memberikan penyuluhan mengenai manfaat aplikasi Laut Nusantara dan informasi terkait perikanan lainnya.

Menurut Kepala BROL, Dr. I Nyoman Radiarta, sejak virus Covid-19 merebak, ikan tangkapan nelayan tidak terserap pasar, sehingga harus rela jual di bawah harga normal.

Donasi itu pada tahap awal dibagikan kepada nelayan di Pengambengan dan Perancak, Kabupaten Jembrana, Bali. Setelah Idul Fitri, dilanjut ke komunitas nelayan di Desa Maritim Silo Baru, Kabupaten Asahan, Sumatra Utara, terus wilayah yang lainnya.

Sejak pandemi Covid-19 melanda dan berdampak secara langsung pada kehidupan ekonomi sebagian masyarakat Indonesia, karyawan XL Axiata mengambil inisiatif untuk mengumpulkan donasi dari dana pribadi mereka sendiri.

Pengumpulan donasi telah dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama terkumpul Rp 818 juta, dan tahap kedua terkumpul Rp 750 juta. Dana hasil pengumpulan tahap pertama telah disalurkan untuk donasi 1000 APD (Alat Pelindung Diri) kepada 10 Rumah Sakit di Jakarta.

Sementara itu, dana yang terkumpul dari tahap kedua disalurkan untuk donasi berupa bantuan pangan gratis, masker, vitamin, kebutuhan pokok ibu dan anak dan lain-lain di berbagai daerah di Indonesia, termasuk untuk membantu komunitas masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Donasi di sudah disalurkan kepada tunanetra di Sumatera, bekerjasama dengan Pewarta Foto Indonesia, juga untuk membantu masyarakat kurang mampu di Medan yang penyalurannya bekerjasama dengan komunitas blogger di Medan, serta untuk masyarakat nelayan di berbagai daerah ini.

XL Axiata terus berkontribusi dalam mitigasi Covid-19 di Indonesia. Hingga saat ini dukungan untuk bekerja dan belajar dari rumah terus dilanjutkan melalui akses kuota data 2GB/hari secara gratis. (Ganefo)

Teks Foto: Kepala BROL, Dr. I Nyoman Radiarta, menyerahkan paket donasi kepada perwakilan nelayan di Desa Perancak, Kabupaten Jembrana, Kamis (21/5/2020).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait