Zulkifli Hasan Ajak Rakyat Wujudkan Pemilu Damai dan Berkual

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua MPR Zulkifli Hasan mengajak rakyat Indonesia untuk mewujudkan Pemilu yang berkualitas yaitu pemilihan umum langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil dan aman.

“Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden ini adalah kompetisi antar kita, antar saudara, antar sesama anak bangsa. Mari hadirkan kompetisi ide, gagasan dan narasi kebangsaan, bersihkan atmosfir udara kita dari polusi kebencian,” kata Zulkifli Hasan dalam pidato pembukaan Sidang Umum MPR RI di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (16/8).

Dikatakan, rakyat Indonesia harus menjadi pihak yang paling diuntungkan dengan Pemilu yang berkualitas itu. “Siapa pun yang terpilih harus menjadi kemenangan rakyat Indonesia. Karena pilihan boleh beda tetapi Merah Putih kita sama,” kata Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut.

Ketua MPR RI ini juga mengungkapkan bahwa perekonomian nasional membutuhkan terobosan kebijakan dari pemerintah yakni masalah kesenjangan ekonomi. Penurunan gini ratio dari 0,41 menjadi 0,39 patut disyukuri.

“Yang perlu diperhatikan adalah golongan miskin dan hampir miskin masih sangat besar jumlahnya. Golongan ini sangat rentan terhadap perubahan harga kebutuhan rumah tangga,” kata Zulkifli Hasan.

Kedua masalah stabilitas dan defisit transaksi berjalan. “Pemberdayaan ekonomi kecil dan mikro perlu terus dikembangkan melalui fasilitas kredit, termasuk bantuan pemasaran dan teknologi.”

Ketiga, masalah pengelolaan utang. Negara harus menjaga stabilitas ekonomi dan mencegah krisis sejak dini. “Ini penting dalam rangka menjaga ketahanan ekonomi. Perlu pengetatan prediksi perekonomian secara cermat, terukur dan akuntabel di antaranya mengenai nilai tukar rupiah, penguatan sektor industri, pembatasan impor, dan peningkatan ekspor kita,” demikian Zulkifli Hasan. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *