Agar Produk Indonesia Makin Diakui Pasar Internasional, LaNyalla Dorong Kerja Sama JPH

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta pemerintah memperhatikan kerja sama Jaminan Produk Halal (JPH) untuk bersaing di pasar internasional.

JPH merupakan kebutuhan yang amat penting, tak hanya berorietasi ekspor, tetapi juga dalam rangka memenuhi kebutuhan produk dalam negeri.

“Langkah-langkah kerja sama JPH sangat penting karena produk halal Indonesia harus mampu menembus pasar internasional. JPH penting tidak hanya di luar negeri, di dalam negeri jaminan kehalalan sebuah produk amat diperlukan. Tentu saja hal ini merupakan pasar yang besar jika dapat dimaksimalkan,” kata LaNyalla dalam keterangan pers, Minggu (21/3).

Dalam konteks pasar ekspor, senator dari Dapil Jawa Timur itu menilai perlu ada kerja sama dalam bentuk perjanjian seperti tercantum dalam PP No: 39/2021 dimana kerja sama dapat berbentuk pengembangan JPH, penilaian kesesuaian dan/atau pengakun sertifikat halal.

“Perjanjian kerja sama seperti ini positif. Jangan sampai kita tertinggal. Negara-negara tetangga dalam menjamin kehalalan suatu produk untuk kepentingan dagang, juga melakukan kera sama antarnegara. Langkah-langkah ini harus dilakukan Indonesia agar produk halal kita menembus pasar internasional,” harap dia.

Kerja sama JPH menjadi isu penting, terlebih di era perdagangan bebas seperti sekarang di mana kebutuhan produk halal semakin meningkat dari waktu ke waktu. Dalam kerangka itu, JPH menjadi kebutuhan mendesak dan untuk merealisasikannya dimungkinkan menjalin kerja sama internasional antarnegara. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait