Agung Firman Sampurna Layak Pimpin BPK-RI

  • Whatsapp
Agung Firman Sampurna

JAKARTA – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) merekomendasikan 13 nama, salah satunya yakni Agung Firman Sampurna kepada DPR-RI untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) sebagai kandidat calon pimpinan BPK.

Nantinya, Komisi XI DPR-RI akan memilih dua nama yang akan menjadi pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) periode 2017-2022. Agung Firman Sampurna yang merupakan calon petahana disebut kandidat terkuat, lantaran pria yang berkarir di lembaga auditor tersebut terbilang penjabat senior yang menjabat sejak 2012 silam.

Bacaan Lainnya

Siapa Agung Firman Sampurna? Bapak satu anak kelahiran Madium 19 November 1971 silam ini memiliki sejumlah pengalaman di birokrat maupun akademik. Berdasarkan riwayat pendidikan, Agung Firman Sampurna berhasil menyelesaikan studi S3 nya di Universitas Indonesia pada Program Studi Administrasi dan Kebijakan Publik.

Suami dari Dian Anggraini pernah menjabat Sekretariat Daerah Kabupaten Banyuasin kemudian penerima Bintang Mahaputra Nararya yang diberikan oleh Presiden RI Dr. Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2014 juga pernah menduduki jabatan Kepala Sub Bagian Program Sekretariat KPUD Provinsi Sumatera Selatan, 2004-2005.

Mantan Wakil Bendahara Umum HMI Cabang Palembang tahun 1995-1996 ini, juga pernah Memimpin Delegasi BPK RI dalam Pertemuan Social Interaction Program (SIP) dengan JAN Malaysia di Medan, Sumatera Utara, Agustus 2013 dan Narasumber dalam Forum Komunikasi TLRHP BPK-APIP-APH untuk Wilayah Jawa Bagian Tengah dengan Tema : “Mewujudkan akuntabilitas, meningatkan kinerja, menuju pemerintahan yang bersih, berwibawa dan berdaya saing”di Semarang, November 2013.

Meski memiliki segudang pengalaman dibidang Akademik tak membuat Agung Firman puas. Pada tahun 2007 Agung Firman mengikuti Public Budgeting and Fiscal Management Course, Atlanta, Georgia, USA, (International Certificate); kemudian mengikuti Tax Policy, Fiscal Analysis and Revenue Forecasting Course Atlanta, Georgia, USA dan pada 2014 Agung Firman Sampurna memperoleh sertifikat Driving Goverment Performance: Leadership Strategies that Produce Result; di Jhon F. Kennedy School of Goverment, Havard University, USA.

Dengan sejumlah prestasi serta pengalaman yang mumpuni Agung Firman Sampurno layak untuk menduduki pucuk pimpinan BPK-RI pada periode 2017-2022. Apalagi Agung Firman yang notabene senior sebagai tenaga auditor serta pemeriksa keuangan, hal itu cukup beralasan untuk Agung Firman menjadi nahkoda di BPK.

[tq]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *