Air Guraka, Minuman Khas Maluku Utara Dipercaya Meningkatkan Imun

  • Whatsapp

TERNATE,BeritaLima.com-Bila di Jawa Tengah kita mengenal ada minuman bernama wedang ronde atau wedang dongo, di Jawa barat ada banrek, di Maluku Utara (Malut) khususnya di Pulau Ternate dan Halmahera ada minuman air guraka.

Guraka dalam bahasa Indonesia berarti jahe. Jadi sederhananya, minuman hangat yang satu ini terbuat dari campuran air dan jahe. Tentunya sebagai pemanis, ditambahkan juga gula aren atau gula merah.

Uniknya, minuman air guraka disajikan bersama kenari yang disangrai terlebih dahulu, kemudian ditaburkan di atasnya. dan minuman khas Maluku Utara ini biasa di sajikan pada sore hari dan di temani dengan cemilan pisang goreng.

Proses pembuatan air guraka cukup mudah yaitu panaskan air, tambahkan 4 ruas jahe, 3 keping gula aren, gula pasir secukupnya dan garam. Bila airnya sudah mendidih, air gurakan siap di hidangkan dan ditaburi kenari diatasnya.

Pada masa Pendemi sekarang ini, minuman air guraka menjadi minuman favotit masyarakat karena dipercaya dapat meningkatkan imunitas dari serangan virus covid-19, “karena air guraka yang terbuat dari Jahe dan dipercaya meningkatkan imun ini kalau diminum membuat badan jadi hangat dan berkeringan“ kata Mato saat ditemui sedang nikmati air guraka dikawasan swering kota Ternate.

“Kami di Ternate setiap sore warga datang di swering untuk beli air guraka dan pisang goreng untuk diminum dengan keluarga di rumah” beber Mato.

Dikota Ternate tidak terlalu sulit untuk mendapatkan minuman air guraka, anda silahkan pergi ke swerring disore hari dengan merogok kocek cukup Rp.5000 rupiah saja.

Dengan meminum air guraka banyak manfaat yang bisa di peroleh terutama dari khasiat jahenya, gula aren dan kenari, dimana kita ketahui bersama khasiat Jahe dapat meningkatkan daya tahan tubuh, gula aren dapat menambah tenaga dan kenari sumber lemak dan protein yang tinggi.

Maka dengan mengkonsumsi air guraka kita mendapatkan 3 manfaat sekaligus yaitu : meningkatkan daya tahan tubuh, bertenaga dan menambah proten.(rdy)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait