Apa Khasiat Buah Belimbing,!

  • Whatsapp

Oleh :
DR, dr, Robert Arjuna FEAS *
Di suatu hari saya bertamu ke rumah Pak Chalie melihat meja makan penuh buah belimbing warna kuning matang lalu saya bertanya u tuk apabelim i g sebegitu banyxk,jawab ibu charlie :’ belimbing ini akan di blender minum ramai untuk keluarga setiap habis makan gunanya bisa menjaga tensi jangan tinggi, beda dengan bu Ayya yang jual manisan ada buah belimbing diasan maniskan dan dagangannya laku keras.

Kita ketahui bahwa buah belimbing tumbuh subur dinegara khatulistiwa dan tumbuh subur di setiap musim kayaj rumah bu Dola ada tumbuhan belimbing selalu jatuh di lantai kalau udah masak pohon tak dipetik, cerita belimbing orang kuno berkata bisa obati orang sakit darah tinggj. Belimbing / Belimbing Manis adalah tumbuhan penghasil buah berbentuk khas yang berasal dari Indonesia, India, dan Sri Langka. Saat ini, belimbing telah tersebar ke penjuru Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga, dan Polinesia. Belimbing atau Averrhoa carambola adalah buah yang populer di negara beriklim tropis. Belimbing dikenal dengan rasa asam manisnya yang khas dan menyegarkan.Belimbing mengandung mineral yang baik bagi kesehatan. Sesuai bentuknya, belimbing juga populer dengan sebutan ‘star fruit

Manfaat belimbing untuk kesehatan tubuh. Buah manis-asam segar yang bantu diet, jaga tekanan darah hingga atasi sariawan.Buah berwarna kuning-hijau ini juga dikenal dengan nama Latin Averrhoa carambola. Rasanya yang asam dan segar seringkali dijadikan sebagai pelengkap rujak dan berbagai makanan olahan lainnya.
Buah belimbing kaya serat dan sumber vitamin C. Dilansir Healthline, buah ini juga memiliki kandungan protein, vitamin A, vitamin B5, folat, tembaga, kalium, magnesium, dan mineral.Selain kaya serat dan vitamin, buah belimbing juga dikenal rendah kalori. Saat muda, buah ini berwarna hijau dan akan berubah kuning setelah matang.
Selain enak dibuat rujak, belimbing juga bisa dimakan langsung dalam bentuk segar, manisan, atau untuk dibuat minuman jus.Banyak khasiat yang dapat diambil dari belimbing jika bisa mengonsumsinya secara rutin.

Menurut laman BetterHealth Channel, antioksidan untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.Oleh karena itu, buah belimbing dapat berperan besar dalam menjaga serta meningkatkan sistem imun tubuh Anda.kandungan sebuah belimbing adalah :Protein: 1 gSerat: 3 g.Vitamin C: 52% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG)Vitamin B5: 4% dari AKG.Folat: 3% dari AKG,Tembaga: 6% dari AKG.Kalium: 3% dari AKG,Magnesium: 2% dari AKG
Buah ini pun cenderung rendah kalori, satu buahnya saja hanya mengandung 41 kalori. Sehingga sangat cocok dijadikan pilihan untuk kamu yang sedang dalam program diet.

KHASIAT BUAH BELIMBING
1. Merupakan Anti Inflamasi Alami
2. Meningkatkan Kesehatan Jantung
3. Mampu Mengontrol Berat Badan
4. Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal
5. Mencegah Masalah Pencernaan
6. Baik untuk Penderita Diabetes
7. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
8. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat
9. Mencegah dan Mengatasi Sariawan
10. Mempercepat Proses Penyembuhan
11. Mengatasi Maag
12. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
13. Mencegah Kanker

Penelitian dari Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menunjukkan bahwa ekstrak belimbing dipercaya dapat mengurangi edema (pembengkakan) akibat peradangan.Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah belimbing juga memberikan manfaat untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh.Selain itu, belimbing juga kaya antioksidan seperti flavonoid dan fenol.

Belimbing memiliki segudang manfaat bagi tubuh, namun bila dikonsumsi secara berlebihan maka akan berbahaya bagi orang yang mengonsumsinya.jika dimakan dalam jumlah tidak wajar, belimbing memiliki kandungan neurotoksin yang berdampak negatif pada otak dan sistem saraf. Bagi penderita gangguan ginjal, mengonsumsi buah tersebut secara berlebihan juga dapat menyebabkan keracunan.Di antaranya seperti muntah, mati rasa dan kejang-kejang. Oleh sebab itu, konsumsi belimbing secukupnya sesuai kondisi tubuh tanpa berlebihan untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.Demi,ian agar dimaklumi, sekilas info
RobertoNews 1232《11.2.22 (07.30》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait