Apa Khasiat Buah Nangka ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr.Robert Arjuna FEAS*
Kita tinggal di khatukistiwa, segela macam buahan tumbuh subur apalagi buah nangka yang sudah pernah kita makan seenaknya tapi masih tak tahu apa khasiat buah nangka itu.Nangka adalah buah berdaging serat yang memiliki bau dan rasa yang khas. Buah ini umumnya dikonsumsi di beberapa negara Asia seperti Indonesia, Sri Lanka, dan Bangladesh. daging buah nangka mempunyai zat tepung dan buah ini juga dikenal bermanfaat bagi kesehatan. Nangka merupakan sumber makanan yang kaya vitamin A, C, thiamin, kalium, kalsium, riboflavin, zat besi, niasin, dan seng. Buah ini juga mempunyai serat yang rendah kalori sehingga baik untuk pasien penyakit jantung. Berikut adalah sepuluh manfaat nangka bagi kesehatan tubuh kita,

Nangka kaya akan lignan & saponin, membantu mencegah penyakit kanker, memperlambat kanker yang menyebabkan radikal bebas di dalam tubuh. Nutrisi yang sama juga membantu menjaga kesehatan kulit.
Nangka merupakan salah satu jenis buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Buah dengan nama latin Artocarpus heterophyllus ini memiliki tekstur kulit sedikit berduri dan berwarna hijau kekuningan, sedangkan dagingnya berwarna kuning dan memiliki aroma yang khas.Anda dapat menikmati buah nangka dengan cara dimakan langsung atau diolah sebagai campuran salad buah, es buah, jus, hingga es teler.

KANDUNGAN NANGKA
1. Serat
2. Protein
3. Vitamin, termasuk vitamin A, vitamin B, dan vitamin C
4. Mineral, seperti magnesium, kalium, tembaga, dan mangan
5. mengandung cukup banyak air dan antioksidan. Di dalam buah ini juga terdapat lemak

APA KHASIAT BUAH NANGKA
1. Mencegah dan Melawan Kanker
2. Meningkatkan Imunitas Tubuh
3. Mencegah Kerusakan Sel DNA
4. Menjaga Pencernaan Tetap Sehat
5. Menjaga Kesehatan Kulit
6.Melancarkan pencernaan
7.Menjaga berat badan ideal
8.Mencegah penyakit kardiovaskula
9.mengandung Kalium untuk kesehatan jantung
10.Kandungan zat besi dalam buah yang berserat ini membantu mencegah anemia dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.
11..Akar adalah obat yang baik bagi orang yang menderita asma. Merebus akar dan ekstrak nangka ternyata dapat membantu untuk mengontropl
12.Melindungi tiroid sehat. Mineral mikro dan tembaga dalam nangka juga efektif untuk metabolisme tiroid. Hal ini sangat baik untuk memproduksi hormon dan penyerapan.
13.Buah ini baik untuk anak-anak muda dalammenjaga kesehatan tulang. Nangka kaya akan magnesium yang memperkuat tulang dan mencegah tubuh dari gangguan tulang seperti osteoporosis
14,Kaya akan vitamin C dan A. Nutrisi anti-oksidan dalam nangka memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari infeksi bakteri dan virus.
15.Memiliki sifat anti kanker dan anti-penuaan. Nutrisi ini bisa menjauhkan Anda dari bahaya kanker dian memperlambat degenerasi sel untuk mencegah tubuh dari penyakit degeneratif.
16.Gula alami seperti fruktosa dan sukrosa dalam buah nangka menjadikannya sebuah sumber energi. Nangka dapat meningkatkan energi dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.
17.Buah berserat tinggi ini mencegah sembelit dan memperlancar gerakan usus.
18.Buah ini mengandung vitamin A yang memelihara kesehatan mata dan kelembutan kulit.

Kenapa buah nangka digunakan untuk mencegah kanker ? Beginilah penjelasannya!
Mencegah kanker
Nangka kaya akan lignan dan saponin, yang membantu mencegah penyakit kanker. Dapat memperlambat kanker yang menyebabkan radikal bebas di dalam tubuh. Nutrisi yang sama juga membantu menjaga kesehatan kulit. Ini membantu membalikkan proses penuaan pada wanita.

Buah nangka banyak disukai karena rasanya yang manis. Selain dikonsumsi langsung, buah nangka dapat dikonsumsi dengan dijadikan es teler, pancake, kue bolu, hingga gudeg. Nyatanya, buah nangka tidak hanya memanjakan lidah dengan rasanya, buah ini juga memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh:

Untuk menikmati manfaat buah nangka bagi kesehatan, pastikan mengonsumsi nangka secukupnya. Sebab, segala sesuatu yang berlebihan tidak akan baik pada akhirnya. Alih-alih sehat dan mendapatkan manfaat baik dari buah nangka, kamu justru akan mengidap masalah kesehatan lain. Untuk mengetahui seberapa takaran yang dapat kamu konsumsi setiap harinyaSelain mengonsumsi nangka, kamu juga perlu menerapkan pola makan sehat bergizi seimbang, dan gaya hidup sehat lainnya guna menunjang kesehatan tubuhmu. Untuk melengkapinya, konsumsi vitamin dan suplemen tambahan jika diperlukan.
Demikian sekilas info tentang buah nangka yang biasa kita konsumsi sehari hari.semoga bermanfaat!
RobertoNews 1460《20.6.22(08.00)》
• Praktisi Dokter dan Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait