Apa Manfaat Buah Mangga?

  • Whatsapp

Oleh
DR.dr.Robert Arjuna FEAS *
Pada resepsi keluarga Wieke terlihat satu makanan buah yang dikenal “cuci mulut ” yaitu buah mangga kuning matang dan lezat serta manis ,benar buah mangga pilihan dan para tamu merasa puas atas hidanfan ini,berbeda dengan Pak Amat tiap kali habis mskan srlalu ada buah mangga dalam makanan katanya buat pencernaan enak kebelakang.

Mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota dari suku Anacardiaceae. Nama “mangga” berasal dari bahasa Tamil, mankay, yang berarti man “pohon mangga”

Nama “mangga” berasal dari bahasa Tamil, mankay, yang berarti man “pohon mangga” + kay “buah”Kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Spanyol dan Inggris) dan lainnya Mangga berasal dari daerah di sekitar perbatasan India dengan Burma, dan mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekitar 1500 tahun yang silam. Buah ini dikenal pula dalam berbagai bahasa daerah, seperti pelem atau poh (Jw.), Poh (Bl.), dan Paok (Sas.)

Sudah menjadi rahasia umum bila Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang kaya akan keragaman hayati, salah satunya adalah buah-buahan yang banyak mengandung vitamin. Salah satu buah yang memiliki banyak vitamin dan banyak tumbuh di Indonesia adalah buah mangga.Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat mangga begitu populer di kalangan masyarakat. Tak jarang banyak yang menyebutnya King Of The Fruits atau rajanya buah-buahan

Buah mangga pada dasarnya merupakan golongan buah rendah kalori. Dalam satu buah mangga hanya terkandung sekitar 100–110 kalori. Kendati demikian, buah ini kaya akan antioksidan (polifenol dan beta karoten) dan sejumlah nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan.

Dalam 1 buah mangga, terkandung aneka nutrisi berikut ini: : 1,5–2 gram serat,15 gram karbohidrat ,1–1,5 gram protein 55–60 mikrogram vitamin A,35–60 mg vitamin C 9 mg vitamin E 40–45 mikrogram folat 10–15 mg kalsium
10–15mg magnesium,200 mg kalium ,14–20 mg fosfor

Nilai nutrisi per 100 g (3,5 oz) Energi 250 kJ (60 kcal), Karbohidrat 15 g,Gula 13.7,Serat pangan, 1.6 g Lemak 0.38 g
Protein 0.82 g Vitamin Kuantitas%DV† Vitamin A equiv. beta-karotenalutein zeaksantin 7%54 μg 6%640 μg 23 μg
Tiamina (B1).2%0.028 mg Riboflavin (B2) 3%0.038 mg Niasin (B3)4%0.669 mg Asam pantotenat (B5)4%0.197 mg
Vitamin B6 9%0.119 mg Folat (B9) 11%43 μgKolina,2%7.6 mg Vitamin C44%36.4 mgVitamin E,6%0.9 mg, Vitamin K, 4%4.2 μg,Mineral,Kuantitas%DV†, Kalsium, 1%11 mg, Zat besi 1%0.16 mg,Magnesium, 3%10 mg,Mangan,3%0.063 mg,Fosfor, 2%14 mg,Potasium,4%168 mg,Sodium, 0%1 mg,Seng 1%0.09 mg

Buah mangga juga dapat menangkal berbagai macam penyakit, seperti kanker. Hal ini karena jurnal Functional Foods in Health and Disease menyebutkan bahwa mangga kaya akan vitamin serta antioksidan termasuk vitamin B, C, E dan beta-karoten, alkaloid, flavonoid, dan senyawa polifenol.Jenis mangga sangat beragam, mulai dari yang manis, sedikit asam, bertekstur lembut, sampai yang mempunyai serat.

MANFAAT BUAH MANGGA
1. Mencegah Mual saat Hamil Muda
2. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit saat Hamil
3. Camilan Sehat untuk Ibu yang Hamil Muda
4. Membantu Ibu Hamil untuk Menambah Berat Badan
5. Asupan Zat Besi untuk Ibu Hamil
6. Memberikan Asam Folat untuk Perkembangan Janin
7. Mengandung Serat Makanan untuk Melancarkan Pencernaan
8. Buah yang Kaya Magnesium
9. Menyediakan Kandungan Antioksidan yang Penuh
10. Vitamin A Membantu Perkembangan Bayi
11. Vitamin B6 Ideal untuk Otak Janin dan Sistem Saraf
12. Membantu Menyeimbangkan Cairan dalam Tubuh

JENIS JENIS MANGGA DI PASARAN
1. Mangga Harum Manis
Bentuk mangganya lonjong dan ujungnya runcing. Dagingnya empuk dan sangat lembut ketika disantap.Di beberapa daerah di Indonesia, mangga harum manis sering disebut juga dengan mangga 1

2. Mangga Apel
bentuk buah mangga ini seperti buah apel. Aromanya yang wangi dan memiliki rasa masam membuat mangga apel juga digemari.Biasanya mangga apel paling nikmat jika dibuat rujak karena rasa masamnya menyegarkan. Namun kini, di Indonesia sudah banyak petani mangga yang membudidayakan mangga apel dengan cita rasa manis.

3. Mangga Indramayu
Mangga yang satu ini mempunyai daging buah yang cukup tebal dan punya rasa yang manis, apalagi tidak seperti mangga lain, mangga Indramayu teksturnya kering.Mangga ini sering dijuluki juga dengan mangga pelem cengkir.
Ciri lain yang membedakan jenis mangga satu ini dengan mangga lainnya, yakni aromanya cukup menyengat, daging buah manis, sedikit berair, dan berserat.

4. Mangga Manalagi
Bentuk mangga manalagi adalah perpaduan dari bentuk dan rasa mangga golek dan harum manis.Bentuknya memanjang dengan ukuran yang lebih kecil. Rasanya manis seperti mangga harum manis, tetapi punya tekstur seperti mangga golek yaitu padat dan berserat.

5. Mangga Gol
Mangga golek ini asalnya dari Probolinggo dan Pasuruan, Jawa Timur. Dalam bahasa Jawa, kata golek artinya mencari. Dalam artian, setelah seseorang mencicipi mangga ini, maka mereka akan mencarinya lagi.Bentuk mangga golek sedikit memanjang dan terdapat bintik-bintik putih kehijauan dan akan berubah menjadi cokelat setelah menua.

6. Mangga Kweni
Sering disebut juga mangga kuini. Aroma mangga ini sangat khas dan berbeda dari mangga lainnya.Bentuk buahnya lonjong, dengan ujung yang membulat.Daging buah mangga kweni cenderung berwarna kuning dengan tekstur berserat, banyak mengandung air, serta rasanya manis segar.

7. Mangga Gedong Gincu
Mangga ini dibudidayakan di Cirebon dan Indramayu. Mangga gedong gincu punya warna paling cantik dari jenis mangga lainnya.Kenapa disebut gincu, karena warnanya paling cerah kemerahan, begitu juga dengan daging buahnya.
Tentu saja, daging buahnya manis, tebal, dan kenyal. Sangat nikmat disantap karena memberikan kesegaran dan manis alaminya yang membuat Moms tak cukup jika hanya menyantapnya satu buah.

8. Mangga Alpukat
Jenis mangga yang selanjutnya adalah yang baru-baru ini viral. Disebut mangga alpukat karena bentuknya terlihat seperti buah alpukat.Daging buah mangga alpukat pun akan mudah disantap dengan cara dikerok menggunakan sendok. Hal ini karena daging buahnya memiliki tekstur yang sangat lembut.

9. Mangga Madu
Jenis mangga lainnya yang tak kalah nikmat, yakni mangga madu. Membayangkan dari namanya saja pasti sudah membuat Moms ingin menyantapnya, bukan?

10. Mangga Lalijiwo
Mangga Lalijiwo merupakan jenis mangga yang berasal dari Probolinggo. Bentuk buah mangga yang satu ini cenderung membulat.

11. Mangga Garifta
Mangga garifta menjadi jenis mangga unik lainnya yang wajib Moms coba. Mangga ini merupakan salah satu produk unggulan para petani lokal yang berasal dari wilayah Pasuruan, Jawa Timur. Mangga garifta yang memiliki warna kulit buah merah dengan gradasi kuning dan hijau ini adalah hasil dari perkawinan silang dari mangga-mangga lokal yang berkualitas.

12. Mangga Endog
Disebut sebagai mangga endog karena memang jenis buah yang satu ini mirip dengan telur. Bentuk buahnya cenderung bulat sedikit berparuh dan tak memiliki lekukan.

Demikian sekilas info tentang buah mangga yang masih belum kita ketahui.semoga bermanfaat.
RobertoNews 1279 《27.3.22(06.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait