Apa Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

  • Whatsapp

Oleh:
DR.dr. Robert Arjuna FEAS*
Saya benar heran waktu berkunjung ke rumah bu Wiwin bahwa tomat dimanfaat dengan berbagai ragam kegunaan yakni menempel ke wajah sebagai masker wajah setiap habis mandi ,dan suaminya tiap hari makan mentah 2 biji untuk mencegah Prostat membesar serta dijuice untuk imunitas sekeluarga.

Tomat memiliki berbagai bentuk, ukuran, dan warna, mulai dari tomat merah, kuning, hijau, hingga oranye. Ada juga tomat yang berbentuk bulat, lonjong, dan kerucut. Rasanya dapat bervariasi dari manis hingga asam, tergantung pada jenis dan tingkat kematangannya.
Tomat bukan hanya lezat dalam hidangan, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa. Makanan sehat ini kaya akan nutrisi penting yang dapat memberikan dampak positif bagi tubuh.

Tomat (Solanum lycopersicum) adalah tanaman dari keluarga Solanaceae yang menghasilkan buah yang biasanya digunakan sebagai sayuran dalam masakan. Meskipun sebenarnya tomat adalah buah, tetapi karena rasanya yang sedikit asam dan teksturnya yang lebih mirip sayuran tomat sering dianggap dan dimanfaatkan seperti sayuran dalam masakan.

ASAL USUL TOMAT
Buah tomat (Lycopersicum Esculentum Mill) adalah buah yang berasal dari benua Amerika, terdiri dari berbagai bentuk dan dimensi, tingginya dapat mencapai 2.5 meter, ditanam sebagai tanaman buah di ladang, pekarangan, atau ditemukan liar pada ketinggian 1-1600 m dpl. Tomat tergolong buah karena merupakan bagian tanaman yang bisa dimakan, yang mengandung biji atau benih. Buah tomat (Solanum Lycopersicum L.) memiliki kandungan vitamin dan senyawa yang baik untuk kesehatan terutama Likopen. Likopen merupakan zat warna merah yang paling banyak terdapat pada buah tomat. Likopen bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas yang menyebabkan penyakit.

Manfaat masker tomat untuk kulit pun tidak main-main, mulai dari melembapkan wajah, mengatasi jerawat, hingga mencegah kanker kulit. Semua itu berkat kandungan vitamin C yang tinggi dan beragam senyawa alami di dalam buah tomat.

Manfaat masker tomat diperoleh dari berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti vitamin, mineral, dan protein. Nutrisi-nutrisi tersebut mampu melembapkan kulit hingga melawan radikal bebas pemicu berbagai penyakit.

Ada yang memnjsdikan tomat jadi masker tomat ke dalam rangkaian perawatan wajah Anda. Manfaat masker tomat dalam mencegah sunburn didukung oleh senyawa alami bernama likopen. Senyawa ini memiliki sifat fotoprotektif yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV.Berikut adalah beberapa manfaat masker tomat bagi kesehatan kulit:
1. Melembapkan kulit kering
2. Mengurangi minyak berlebih
3. Mengatasi jerawat
4. Mencerahkan wajah
5. Mencegah penuaan dini
6. Mencegah sunburn
7. Mencegah kanker kulit

KANDUNGAN TOMAT
Air: 93 gram (g).
Energi: 24 kkal.
Protein: 2 g.
Lemak: 0,7 g.
Karbohidrat: 3,3 g.
Serat: 1,8 g.
Kalsium: 5 miligram (mg).
Fosfor: 27 mg.
Zat besi: 0,5 mg.
Natrium: 10 mg.
Kalium: 210 mg.
Tembaga: 0,07 g.
Seng: 0,2 mg.
Beta-Karoten: 384 mikrogram (mcg).
Karoten total: 320 mcg.
Thiamin (Vitamin B1): 0,07 mg.
Riboflavin (Vitamin B2) 0,04 mg.
Niasin: 0,7 mg.
Vitamin C: 30 mg.

MANFAAT SEBUTIR TOMAT
1. Sumber Vitamin dan Mineral
2. Antioksidan
3. Menjaga Kesehatan Mata
4. Menyehatkan Kulit
5. Menurunkan Tekanan Darah
6. Menyehatkan Jantung
7. Membantu Pencernaan
8. Mengurangi Risiko Kanker
9. menjaga berat badan yang sehat
10. Menjaga kesehatan tulang
11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
12. Menjaga kesehatan otak
13. Menjaga kesehatan ginjal
14. Mengontrol gula darah

Melihat berbagai manfaat tomat yang sebagai tanaman Apotek hijau yang bisa hidup dimana mana maka seyogianya kita rak perlu takut defisiensi vitamin ,manfaat sumber energi yang ada di alami ini tanpa menambah doping obat cukup dengan tanaman tomat. Semoga artikel singkat ini membawa manfaat guna bagi kita. Semoga
Roberto News 1738 《21.12.23 (06.40)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com

Pos terkait