Apakah STEMCELL Bisa Mengobati Diabetes Melitus ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Sebuah riset yang dilakukan oleh “Stem Cell Research & Treatment Center of Modern Hospital “Guangzhou China berhasil menunjukkan ; “Stemcell berperan dalam pengobatan DM ” Stem cell membawa harapan bagi penderita diabetes. Stem cell adalah bentuk terapi biologi sel, adalah teknologi medis yang canggih untuk menerobos hambatan pengobatan tradisional membawa harapan untuk pengobatan diabetes.

Dengan stem cell dari dalam tubuh pasien, yang dapat membuat sel pankreas normal, generasi baru dari sel ipankreas dapat mencapai tujuan sekresi insulin, tanpa perlu obat-obatan dan terapi insulin, untuk membantu pasien menyingkirkan ketergantungan pada insulin dan obat-obatan.Dibandingkan dengan pengobatan tradisional, stem cell hanya menyoroti keuntungan dari pengobatan bioteknologi penyakit.

Mekanisme terapi sel induk untuk diabetes
Sel induk adalah kelas sel pluripoten dengan kemampuan untuk mereplikasi diri, setelah organ tubuh manusia rusak, sel induk aktif dapat bermigrasi ke organ yang rusak, dan menjadi sel yang berdiferensiasi memainkan peran untuk memperbaiki dan regenerasi jaringan dan organ, dalam profesi medis disebut “sel wildcard”.

Transplantasi sel induk untuk pengobatan diabetes, berdasarkan pada karakteristik biologis yang unik dari sel induk, kemampuan yang sangat kuat pembaruan diri dan diferensiasi potensi, sehingga benih sel β pankreas terbaik (sekresi insulin oleh sel β pankreas), meningkatkan jumlah sel β pankreas mencegah penurunan fungsi sel β pankreas, semaksimal mungkin untuk menyimpan dan mengembalikan fungsi pankreas.!

Pengobatan Stem sel dalam diabetes
Metode transplantasi yang umum digunakan dalam pengobatan diabetes:
1.Transplantasi stem cell sumsum tulang autologous:
mengambil sumsum tulang pasien diabetes sendiri, dalam vitro setelah induksi obat, sel induk sumsum tulang ditargetkan dan diarahkan, sehingga dapat berdiferensiasi menjadi sel yang memproduksi insulin,dengan jumlahnya meningkat, dan disuntikkan ke pasien untuk mengobati diabetes.

2. Transplantasi stem cell darah:
menggunakan teknologi pemisahan komponen darah, sel-sel induk sumsum tulang terkonsentrasi bersama-sama pada diri pasien sendiri, tersebar secara in vitro dengan bantuan obat, DNA sel induk diperbaiki, dimodifikasi, diperkuat, diperbarui dan ditransformasi, dan membuat gen reorganisasi dalam mensekresi insulin sel,

3. Transplantasi sel induk embrio manusia :
sel induk embrio terisolasi di kantung embrio,orientasi diinduksi untuk berdiferensiasi menjadi sel yang dapat memproduksi insulin dan kemudian dapat mengeluarkan, lalu dipindahkan ke bagian yang sakit, akan mampu memperbaiki jaringan islet yang rusak, sehingga dapat mengobati diabetes. Transplantasi sel induk embrio memiliki keunggulan dengan imunogenisitas rendah, rendah penolakan respon terhadap cahaya

4.Transplantasi sel induk darah tali pusat,

5.Transplantasi sel induk tali pusat mesenchymal

Apa keuntungan dari stem sel untuk mengobati diabetes?
Munculnya stem cell berteknologi tinggi untuk menerobos hambatan pengobatan tradisional. Sebagian besar penyakit yang berakar pada kerusakan sel, stem cell melalui diferensiasi sel-sel spesifik untuk menggantikan sel yang rusak dalam tubuh, sehingga mencapai tujuan rekonstruksi. apa saja keuntungan dari terapi stem cell untuk diabetes?

1, Terapi stem cell mempunyai pengaruh untuk diabetes sangat signifikan. Setelah injeksi intravena stem cell masuk ke dalam tubuh pasien untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh, sel-sel induk memiliki kemampuan self-replikasi dan diferensiasi, untuk mencapai tujuan rekonstruksi fungsi tubuh.

2, Terapi stem cell ini adalah suatu bentuk terapi biologi sel, tidak berpengaruh signifikan pada tubuh pasien. Sejauh ini, stem cell dalam pengobatan tidak menimbulkan efek samping yang signifikan atau reaksi yang merugikan.

3, Terapi stem cell ini memiliki keuntungan yaitu mudah diperoleh, karena sel-sel induk yang diambil dari tubuh,( cell dalam darah, sumsum tulang perifer manusia atau darah plasenta )memberikan kembali kepada tubuh, sehingga tidak ada penolakan.
Demikian Sebuah angin segar bagi pendeita DM yang selama ini beranggapan bahwa penderita DM harus meminum obat seumur hidup dan tak ada harapan sembuh.
Sekilas info,semoga bermanfaat
RobertoNews 1658《20.2.23(08.00)
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait