Arumi Bachsin Apresiasi Pemkot Malang Beri Wadah Perajin

  • Whatsapp
Ketua Dekranasda Hadiri Dekranasda Fiar Kota Malang di Universitas Negeri Malang

MALANG KOTA, beritalima.com| Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Timur, Arumi Bachsin mengapresiasi Pemerintah Kota Malang yang telah memberikan wadah bagi para perajin melalui Dekranasda Fair yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Malang ke105. Apresiasi tersebut disampaikannya saat menghadiri Dekranasda Fair sekaligus memperingati Hari Jadi Kota Malang ke 105 Kota Malang di Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Senin (1/4).

Dikatakannya, kegiatan Dekranasda Fair Tahun 2019 merupakan salah satu upaya untuk memfasilitasi dan memberikan wadah bagi para perajin mempromosikan dan memasarkan produk unggulan mereka.
Lewat Dekranasda Fair, lanjut Arumi juga untuk memberikan inovasi dalam melahirkan produk-produk yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

“Saya sangat mengapresiasi Dekranasda Fair yang diselenggarakan oleh Pemkot Malang. Acara ini memiliki potensi yang besar sehingga banyak perajin ikut terlibat dalam memasarkan hingga mengenalkan produknya,” tegasnya.

Saat ini, Kota Malang dikenal sebagai salah satu kota kreatif di Indonesia. Hal itu, ditandai dengan tumbuhnya sektor ekonomi kreatif yang terus berkembang. Di Kota Malang, terdapat sekitar 623 startup yang bergerak pada subsektor kriya, fashion, game, aplikasi, kuliner dan film. “Upaya menumbuhkan sektor ekonomi kreatif harus bersinergi dari semua elemen termasuk dorongan dan stimulus dari pemerintah,” ujarnya.

Dihadapan undangan yang hadir, Arumi menegaskan bahwa Dekranasda harus mampu menjadi organisasi yang mandiri. Terutama dalam mengembangkan visi dan misi organisasi, baik dari sisi program dan penggunaan teknologi informasi.

Keberadaan Dekranasda, diharapkan mampu bekerjasama dan bermitra dengan pemerintah dan stakeholder sebagai wujud eksistensi organisasi yang lebih mandiri. Harapannya, tercipta enterpreneurship atau wirausahawan muda yang handal dan mampu berkompetisi hingga akhirnya dapat mendukung peningkatan perekonomian di Jatim, khususnya di Kota Malang.

Sementara itu, Walikota Malang Drs. Sutiaji berkomitmen untuk mengangkat kemajuan UMKM lewat kerajinan guna memajukan Indonesia. Dalam peranannya, Deskranasda Kota Malang telah banyak menghimpun kreatifitas anak bangsa lewat kerajinan dan produk lokal yang kreatif.

“UMKM di Kota Malang kami bina dan beri edukasi sekaligus memberikan ruang yang sama. Kesemuanya itu, bertujuan agar UMKM dan deskranasda Kota Malang semakin dikenal luas dan bersaing di tingkat regional maupun internasional,” tegasnya.

Pemkot Malang, lanjut Walikota, akan memberikan pendampingan financial, pengelolaan dan mencarikan pasar. Ke depan, UKM di Kota Malang harus berbasis IT yang dapat dikombinasikan lewat pasar rakyat yang dapat dipasarkan secara online sesuai kebutuhan zaman. “Sentuhan teknologi harus masuk pada sektor UMKM. Sekecil apapun bentuk kerajinan dan potensi yang ada dari kreatifitas dari Kota Malang akan didukung,” tutupnya. [R4]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *