Asam Urat Tinggi Apa Bahayanya ?

  • Whatsapp

Oleh
DR dr. Robert Arjuna FEAS ^
Si Budi doyan makan enak harus menerima efek yang ditimbulkan oleh makanan Tinggi Kalori Tinggi Protein, jari kaki maupun persedian membengkak merah n nyeri hingga sulit bersepatu. setelah periksa dokter divonis Penyakit Asam Urat.
Walaupun disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah (hiperurisemia), tidak semua penderita hiperurisemia terserang penyakit asam urat. Faktanya, hanya 1/3 penderita hiperurisemia saja yang mengalami penyakit ini.

Gejala penyakit asam urat umumnya berupa nyeri sendi mendadak dalam waktu singkat (akut), kemudian hilang dalam beberapa hari, dan muncul lagi setelah 6 atau 12 bulan. Dalam beberapa kasus, penderita penyakit asam urat mengalami gejala kronis, akibat serangan asam urat berulang yang terjadi dalam kurun waktu yang lama.

APA ITU PENYAKIT ASAM URAT
Penyakit asam urat atau gout adalah sejenis penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah.
Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan keluar melalui urine. Tetapi dalam kondisi tertentu, tubuh dapat menghasilkan asam urat dalam jumlah berlebih mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat, sehingga asam urat menumpuk dalam tubuh
Penumpukan asam urat akan membentuk kristal di sendi, yang dapat memicu nyeri dan pembengkakan di berbagai sendi tubuh. Meskipun umumnya terbentuk di sendi, kristal asam urat juga bisa terbentuk di ginjal dan saluran kemih. Kondisi tersebut dapat mengganggu fungsi ginjal atau menyebabkan batu saluran kemih.

Penyakit asam urat biasanya diderita pria berusia 40 tahun ke atas dan wanita yang sudah menopause. Sebagian besar penderita asam urat juga memiliki penyakit lain seperti Diabetes, hipertensi,penyakit ginjal. kegemukan (obesitas).Bila penyakit asam urat dibiarkan tanpa pengobatan, maka dapat berkembang menjadi batu ginjal dan mengakibatkan gagal ginjal.

PERJALANAN PENYAKIT ASAM URAT
1. AKUT
nyeri hanya terjadi pada satu atau beberapa sendi, seperti di jempol kaki, lutut,
atau pergelangan kaki. Gejala akan terasa parah selama 2 hari pertama, bisa berlangsung
hingga 10 hari. Umumnya penderita akan merasakan nyeri hebat yang muncul mendadak
saat malam hari. Selain itu, sendi yang terasa nyeri akan terlihat merah, bengkak,
sangat sakit meski hanya tersentuh sedikit. Beberapa penderita asam urat akut juga
mengalami demam selama nyeri menyerang.

2. KRONIS ;
gejala yang muncul adalah nyeri disertai radang sendi berulang mengakibatkan
kerusakan sendi permanen, di mana sendi tidak bisa bergerak normal. Selain di
ibu jari kaki, nyeri sendi di tubuh diku, jari dan pergelangan tangan.tumit

FAKTOR PEMICU :
1.Memiliki keluarga yang juga menderita penyakit asam urat.
2.Mengalami cedera atau menjalani operasi.
3.Mengonsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi, seperti daging merah, jeroan hewan, dan beberapa jenis hidangan laut (misalnya teri, sarden, kerang, atau tuna).
4.Mengonsumsi minuman beralkohol dan minuman tinggi gula.
5,Menggunakan obat, seperti diuretik, aspirin, ciclosporin, dan beberapa obat kemoterapi.
6.1Memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes, sindrom metabolik, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit tiroid, kolesterol tinggi, leukemia, anemia, sleep apnea, hipertensi, dan obesitas.

PATOFISIOLOGI PENYAKIT ASAM URAT
1.Komsumsi Purin terlalu banyak
Asam urat adalah kristal-kristal yang terbentuk sebagai hasil metabolisme zat purin (turunan dari nukleoprotein, Purin merupakan salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel semua makhluk hidup.)
Purin terdapat dalam tubuh kita, juga pada makanan yang berasal dari hewan dan tumbuhan (daging, jeroan, sayur, buah, kacang, dsb.). Selain itu, purin juga bisa dihasilkan dari perusakan sel- sel tubuh yang terjadi baik secara normal ataupun karena penyakit tertentu.
Penyakit asam urat terjadi jika kadar asam urat berlebihan (karena purin yang masuk terlalu banyak). Tubuh manusia sudah menyediakan 85% senyawa purin untuk kebutuhan sehari-hari, yang berarti kebutuhan purin dari makanan hanya sekitar 15%.

Dalam kondisi normal, asam urat yang dihasilkan akan dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk urine dan feses.Proses pembuangan ini diatur oleh ginjal, yang berfungsi mengatur kestabilan kadar asam urat dalam tubuh. Namun jika kadar asam urat berlebihan, ginjal akan kewalahan dan tidak sanggup mengaturnya sehingga kelebihan kristal asam urat tersebut akan menumpuk pada sendi dan jaringan. Ini sebabnya persendian kita terasa nyeri dan bengkak.

2.Konsumsi alkohol juga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit asam urat. Alkohol menyebabkan pembuangan asam urat lewat urine berkurang, sehingga asam urat tetap bertahan dalam peredaran darah dan menumpuk di persendian.
Nyeri sendi merupakan indikator utama asam urat, tapi rasa ngilu pada persendian banyak sebabnya, belum tentu disebabkan oleh asam urat, Oleh sebab itu Penyakit Asam Urat disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat yang dihasilkan dari metabolisme zat purin.

MAKANAN YANG TINGGI ASAM URAT :
1.Jeroan: ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru dan otak
2.Seafood: udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, ikan sarden!
3.Daging kambing, daging sapi, daging kuda Bebek angsa dan kalkun Keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental,Ekstrak daging seperti abon dan dendeng
4.Makanan yang sudah dikalengkan (contoh: kornet sapi, sarden)
5.Kacang-kacangan: kacang kedelai (termasuk hasil olahan seperti tempe, tauco, oncom, sus kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping
6.Sayuran: kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung
7.Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa

DIAGNOSA PENUNJANG :
1.Tes darah Asam Urat nilai normal laki dan Perempuan berbeda
( Laki < 7mg/ dLdan Wanita < 5mg/dL) 2.Tes urine 24 jam. Untuk mengetahui kadar asam urat dalam urine . 3.Tes cairan sendi. 4.Pemeriksaan foto Rontgen dapat dilakukan untuk mengetahui penyebab radang pada sendi. 5. USG dapat mendeteksi kristal asam urat pada sendi dan tofi (benjolan). 6.Dual energy CT scan. dapat mendeteksi kristal asam urat di sendi . 7.Biopsi sinovial. Prosedur ini mengambil sebagian kecil jaringan (membran sinovial) di sekitar sendi yang terasa sakit, untuk diperiksa di bawah mikroskop. KOMPLIKASI 1.Tophi 2.Batu ginjal 3.Kerusakan sendi 4.Penyakit ginjal 5.Penyakit jantung 6.Diabetes 7.Kurang tidur 8.Cacat 9.Emosi dan psikologi 10.Penyakit lainnya seperti : penyakit katarak, sindrom mata kering, atau pengkristalan asam urat di dalam paru-paru PENGOBATAN : 1.Pemberian obat anti nyeri n anti radang 2.Pemberian obat asam urat 3.Hindari makanan yang mengandung asam urat tinggi SARAN & ANJURAN Untuk mencegah serangan asam urat kembali terjadi, pasien akan disarankan untuk menghindari makanan berkadar purin tinggi, dan mengurangi minuman tinggi gula serta minuman beralkohol. Pasien juga akan dianjurkan untuk memenuhi asupan protein dengan mengonsumsi susu rendah lemak, serta rutin berolahraga untuk mencapai dan menjaga berat badan ideal.SEHAT ITU KAYA! Namum menuju Sehat itu tidak semudah dikata. Butuh waktu dan pengorbanan. Sekilas info,semoga bermanfaat. RobertoNews 1451 《11.7.22(08.00 ) • Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait