Aspirasi Rakyat Menjadi Peyeimbang Pemerintah

  • Whatsapp

beritalima.com | Ketua DPRD Papua Abisai Rollo menjelaskan pentingnya peningkatan kualitas SDM Papua. “Papua disebut daerah kaya dengan sumber daya alam (SDA) namun tak sebanding dengan jumlah dan kualitas SDM Papua. Orang asli Papua yang bisa memanfaatkan SDA untuk kesejahteraan Papua yang adil dan merata,” ungkap Abisai Rollo saat memberikan sambutan dalam pertemuan Presiden dengan para tokoh Papua dan Papua Barat di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Aspirasi rakyat tidak boleh dicegah dan dilarang, tetapi diberi ruang dan dijaga agar aspirasi itu bisa sampai kepada pengambil kebijakan. Sehingga komunikasi antara pemerintah dengan rakyatnya bisa berjalan lancar, yakni dengan memberi ruang berekspresi bagi rakyat untuk menyampaikan aspirasinya.

Berawal dari aspirasi, suatu kebijakan pemerintah kadang bisa membawa prestasi yang membanggakan. Pemerintahan yang demokratis, harus banyak menyerap aspirasi dari rakyat. Karena dari aspirasi itu, akan diketahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan rakyat.

Aspirasi menjadi penyeimbang pemerintah. Bisa dikatakan bahwa aspirasi merupakan harapan dan tujuan untuk keberhasilan pemerintah yang akan datang. Pengertian aspirasi rakyat adalah keinginan segenap penduduk suatu negara yg disampaikan kepada wakilnya, atau pemerintah untuk keberhasilan yang akan datang.

Perlu ada kolaborasi yang kuat antara rakyat dengan keberadaan partai politik. Kehadiran partai politik semestinya menjadi kebahagiaan bagi rakyat, sebab dengan banyaknya partai politik peluang untuk menyalurkan harapan akan menjadi semakin mudah. Teori klasik dari Aristoteles menyatakan politik sebagai usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama sehingga lahirnya partai politik dapat menjadi acuan dalam menentukan langkah yang sejalan dengan harapan rakyat.

Hanya saja, saat ini kepercayaan rakyat untuk berjalan bersama dengan partai politik tercoreng oleh beberapa perilaku Anggota Dewan yang korup, dan pemain politik yang lupa akan tanggung jawabnya. Partai politik hanya menjadi kendaraan dalam berkuasa guna mencapai kepentingan pribadi dan golongan, tanpa memikirkan kepentingan rakyat.

www.beritalima.com

Membentuk kepercayaan rakyat terhadap parpol menjadi suatu rumusan masalah yang butuh kerja keras untuk menemukan solusinya. Namun langkah awal yang kemudian bisa mengubah persepsi rakyat adalah memberikan ruang pada rakyat, sebagai contoh berkunjung ke tempat-tempat yang butuh sentuhan, menggelar dialog terbuka, mendengar masukan dari rakyat, membangun rumah aspirasi. Sehingga akan terjalin komunikasi dengan baik.

Komunikasi menjadi salah satu faktor dalam pembentukan kepercayaan antara rakyat dan partai politik. Semoga ke depan akan tercipta politic behavior (perilaku politik) positif dengan langkah bersama menuju Indonesia unggul.

Calon Kepala Daerah sebagai perwakilan partai politik berkewajiban menyampaikan visi misi partai, dan menyerap aspirasi masyarakat di daerah. Bukan sekedar menyerap aspirasi semata, tapi yang lebih penting adalah bagaimana bisa merealisasikan impian rakyat menjadi kenyataan.

Salah satunya adalah dengan terjun langsung ke masyarakat, menggali potensi diri, dan potensi wilayah supaya bisa dikembangkan dan mampu memberikan kontribusi ekonomi buat rakyat. Ikatan emosional ini harus diperhankan terus menerus, supaya rakyat merasa memiliki wakilnya di pemerintah. Bukan sekedar pas ada Pilkada serentak saja baru menarik simpati masyarakat.

Jika hubungan dengan masyarakat ini sudah dilakukan dan terjalin dengan baik, akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi seorang calon Kepala Daerah untuk mendapat kepercayaan rakyat.

Tugas mulia dan yang lebih penting dari seorang calon Kepala Daerah setelah mendapat kepercayaan rakyat, adalah merealisasikan janji-janjinya. Harapan rakyat, dan ikatan emosional yang sudah terjalin dengan baik ini jangan sampai putus. Harus terus di pupuk, di sirami supaya hubungannya semakin erat. Sehingga kedepan akan terjalin kerjasama yang saling menguntungkan antara pemimpin dan rakyat.

Jika kerjasama tersebut berjalan dengan lancar, maka akan terwujud masyarakat yang adil, makmur, dan sentosa.

Harapan kami kepada calon Kepala Daerah yang maju di Pilkada serentak tahun 2020 nanti. Lakukanlah komunikasi dengan semua elemen masyarakat, jalin tali silaturahmi dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama serta serap aspirasi rakyat.

Aspirasi rakyat sangat dibutuhkan dalam pemerintahan masa depan. Aspirasi rakyat sebagai perwujudan pemerintahan yang demokratis. Dan aspirasi rakyat menjadi peyeimbang jalannya pemerintahan. Bagaimana pendapat Anda.

Surabaya, 11 September 2019

Cak Deky

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *