Bahas Papua, Jatim Tuan Rumah Pertemuan Tiga Gubernur

oleh -151 views

SURABAYA, beritalima.com | Provinsi Jawa Timur akan menjadi tuan rumah pertemuan antara Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan Gubernur Papua Lucas Enembe, dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan guna membahas permasalahan Papua.

Hal ini disampaikan Plt lt Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Akmal Malik usai menggelar pertemuan tertutup dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa digedung negara Grahadi, Selasa (20/8) sore.

Menurut Akmal, dijadwalkan pertemuan ketiga kepala daerah untuk membahas mahasiswa Papua itu berlangsung akhir Agustus 2019. Termasuk warga Jawa Timur yang ada di Papua. “Bagaimana memberi jaminan bagi warga Papua yang sekolah di sini. Begitu juga warga Jatim yang ada di Papua dan Papua barat. Intinya kami meredam,” ujar Akmal.


Pertemuan ini, juga bakal dihadiri Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM (Menkopolhukam) Wiranto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Untuk lokasinya masih dibahas kemudian.

Format pertemuannya, masih dimatangkan. Ia belum bisa memastikan apakah pertemuan nanti dikemas santai atau formal. “Format seperti apa, kami akan komunikasi dengan Papua, apakah kita akan bakar ayam, atau bakar apa sesuai nantilah itu,” ungkapnya.

Akmal menolak pemilihan Jawa Timur sebagai tuan rumah karena dianggap paling rentan. Menurutnya, Jatim dan Surabaya ada makanan enak yang menjadikan tiga pemerintah daerah bertemu, yakni rawonnya. “Karna Jatim itu rawonnya enak. Pingin makan rawon di sini. Kemudian yang tuan rumahnya ibu-ibu cukup ramah,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyambut positif pertemuan tersebut. Untuk lokasi lebih lanjut pihaknya masih menunggu keputusan dari Kemendagri. Lebih lanjut dalam pertemuan dengan Dirjen Otonomi daerah pihaknya mengusulkan peningkatan kualitas Sumber daya Manusia antara Jatim dan Papua atau Jatim dengan Papua Barat. “Semua ide sudah saya sampaikan ke Plt Dirjen Otonomi Daerah untuk dimasukan dalam acara pertemuan yang diselenggarakan pada Agustus ini,”ujarnya. (pca/p)