Bank NTT Ramah Penyandang Disabilitas

oleh -214 views

KUPANG – PT. Bank Pembangunan Daerah (BPD) NTT atau Bank NTT berkomitmen untuk menjadi bank yang memberikan layanan prima bagi para penyandang disabilitas. Bukti dari komitmen tersebut, Bank NTT menyediakan sarana khusus bagi nasabah penyandang disabilitas.

Sarana penyandang disabilitas yang disediahkan oleh Bank NTT, yakni berupa mesin ATM khusus bagi penyandang disabilitas yang terletak di halaman parkir depan Kantor Pusat Bank NTT, jalan W. J. Lalamentik, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.


Tak hanya itu, Bank NTT juga menyediahkan sarana khusus berupa bidang miring bagi disabilitas untuk dapat masuk dengan mudah ke dalam bank yang berada di sisi kiri.

Dua sarana khusus penyandang disabilitas tersebut, telah dilaunching pada acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 57 Bank NTT pada Jumat (19/7) malam.

Acara syukuran kali ini diawali dengan ibadah syukur, yang dipimpin Direktur Utama Bank NTT, Izhak Eduard Rihi, dan dihadiri Kepala Biro Ekonomi dan Kerjasama, Lery Rupidara mewakili Gubernur NTT, Rektor Universitas Nusa Cendana, Fred Benu, Kepala Kantor Perwakilan BI NTT, Tigor Naek Sinaga, Kepala OJK NTT, Robert Sianipar, pensiunan karyawan Bank NTT, karyawan Bank NTT, serta undangan lainnya.

Peresmian jalur bagi disabilitas ini, ditandai dengan pengguntingan pita Kepala Biro Ekonomi dan Kerja Sama Setda Provinsi NTT, Lery Rupidara dan pengguntingan pita fasilitas ATM dilakukan Danrem 161 Wira Sakti Kupang, Brigjen TNI Saiful Rahman, yang didampingi Dirut Bank NTT, Izhak Eduard Rihi, Komisaris Independen, Frans Gana, Kepala OJK NTT, Robert Sianipar, jajaran Forkompinda dan undangan lainnya.

Dinna Noach yang langsung menguji coba mesin ATM untuk menarik uang tunai, mengucapkan terima kasih kepada Bank NTT yang telah memberikan perhatian kepada penyandang disabilitas.

Acara yang dimeriahkan battel band Undana tersebut, juga dilaunching buku program karya tulis ilmiah, promo program Dia Bisa Bank NTT, promo cash back tahap II, launching E-Monitoring dan optimalisasi penerimaan daerah dengan Pemkab Kupang, pengumuman pemenang video edukatif.

Direktur Utama Bank NTT, Izhak Eduard Rihi kepada wartawan mengatakan, penyediaan sarana mesin ATM ramah disabilitas adalah untuk menjawab kebutuhan nasabah Bank NTT khususnya penyadang disabilitas.

“ Waktu Bank NTT mengadakan lomba karya tulis beberapa waktu lalu, ada stagmen yang disampaikan oleh Dinna. Dia mengkritisi Bank NTT yang menyatakan bahwa pelayanan Bank NTT ini belum ramah terhadap disabilitas, karena itu sebagai respon Bank NTT, kami menyikapi dengan serius, karena potensi nasabah kami khususnya disabilitas cukup banyak,” kata Izhak Rihi menambahkan.

Menurut Izhak, Penyediaan sarana penyadang disabilitas ini tidak hanya di Kantor Pusat Bank NTT. “ Ke depan kita akan upayakan di semua kantor – kantor kita, khususnya yang sudah standarisasi dengan baik untuk melakukan hal yang sama. Untuk tahap awal kita sediakan di kantor pusat, tahun depan kita maksimalkan di kantor – kantor cabang yang lain,” ujarnya. (L. Ng. Mbuhang)