Bantu Penanganan Bencana Erupsi Semeru, Gus Ipin Kunjungi Lumajang

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com –

Bantu penanganan dampak bencana erupsi Gunung Semeru yang meletus beberapa waktu lalu Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin kunjungi Kabupaten Lumajang, Jum’at (10/12). Kunjungannya kali ini dalam rangka menyerahkan sejumlah donasi sekaligus memberikan support penanganan bencana di Kabupaten Lumajang. Bupati muda yang akrab disapa Gus Ipin tersebut berangkat bersama dengan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dari Gedung Negara Grahadi untuk kemudian menuju Posko Media Center, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang. Dilanjutkan, meninjau lokasi terdampak di Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Kejadian erupsi pada Gunung Semeru sendiri terjadi pada Sabtu (4/12) lalu. Terakhir sesuai data dari pusat data BNPB, jumlah korban jiwa di hari kelima pasca erupsi, Kamis (9/12) tercatat 43 orang.

Saat ini tim gabungan terus melakukan upaya pencarian dan pertolongan lanjutan di beberapa lokasi seperti Curah Kobokan, Kajar Kuning, Tambang Satuhan/Kebondeli Utara, Kampung Renteng dan Kebondeli Selatan. Selain itu, tim lainnya juga terus melakukan pembersihan dan asesmen lanjutan yang difokuskan di Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh.

“Hari ini kita menjenguk saudara-saudara kita di Lumajang. Tadi pagi saya bertemu dengan Pak Bupati Lumajang, berangkat bersama sama dari Grahadi. Ada penyerahan bantuan dari beberapa provinsi (Jawa Barat, Kalimantan Tengah dan Provinsi Jawa Timur),” ucap Bupati Trenggalek.

Gus Ipin sengaja datang langsung ke lokasi terdampak bencana tersebut, selain memberikan bantuan material dan donasi, sebenarnya sekaligus membawa misi khusus. Yaitu, untuk memberikan suport kepada sahabatnya yang juga sesama bupati (Thoriqul Haq).

“Saya ingin mensupport Mas Thoriq, Pak Bupati Lumajang. Karena masa kecil beliau, sempat dihabiskan di Trenggalek. Jadi sudah seperti keluarga sendiri. Kita tahu bahwa beliau pasti sangat kesusahan sekali,” imbuhnya.

Ketua KNPI Jatim itu, menambahkan, bahwa sejak kejadian meletusnya Semeru sudah mengirimkan relawan, membuat dapur umum juga. Kemudian bantuan dan donasi didatangkan. “Saya ucapkan terima kasih pada seluruh masyarakat Trenggalek. Ada dari paguyuban nelayan, ada dari ASN, kelompok masyarakat. Kemudian dari kecamatan-kecamatan. Semuanya bergotong royong untuk keluarga di Lumajang,” ujar Gus Ipin.

Selain itu, lanjut dia, hingga kini berbagai ‘Study Recovery’ telah dilakukan. Sehingga diharapkan bisa sesegera mungkin membantu pemulihan. Dan kepada warga Lumajang, di doakan untuk tetap bisa kuat serta bersabar.

“Untuk saudara-saudara masyarakat Lumajang, tetap kuat dan sabar ya. Doa-doa kita semua bagi seluruh warga. Pak Presiden sudah kesini, tentu banyak atensi maupun peran publik. Doa dan usahanya pasti untuk seluruh warga Lumajang. Semoga erupsinya cukup sampek di sini, semoga tidak ada kejadian tambahan dan semua diberikan keselamatan,” pungkasnya. (her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait