Bantuan Ayam Joper, Disnak Bangkalan: Setiap RTMP Mendapatkan 50 Ekor dan Pembuatan Kandang

  • Whatsapp

BANGKALAN, Beritalima.com– Lima Kecamatan di Kabupaten Bangkalan mendapat bantuan program ayam joper dari Kementrian Pertanian (Kementan). 5 kecamatan tersebut adalah Kecamatan Tragah, Labang, Burneh, Kamal, dan Arosbaya.

Anggaran pengadaan ayam joper di Kabupaten Bangkalan cukup fantastis yaitu sebesar Rp 24 miliar. Bantuan tersebut diberikan kepada 8.931 Rumah Tangga Miskin Pertanian (RTMP) yang tersebar di 5 kecamatan.

Plt Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Bangkalan Ahmad Hafid menuturkan, data awal penerima bantuan menggunakan basis data terpadu dari Kementerian Sosial (Kemensos) dan melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial setempat.

Hafid menambahkan, Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan tidak memiliki kewenangan dalam pelaksanaan kegiatan program tersebut. Dikatakan dia, yang berwenang adalah Kementan dan Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari Malang. “Kami hanya mendampingi dalam proses verifikasi RTMP,” ujarnya. Rabu (7/8/2019) saat dikonfirmasi.

Program yang bertujuan untuk pengentasan kemiskinan pertanian di Kabupaten Bangkalan tersebut belum juga direalisasikan.

Dikatakan Hafid, saat ini program ayam joper masih dalam tahap lelang yang dilakukan Kementan. “Sekarang masih dalam tahap lelang di pusat,” katanya.

Ia menjelaskan, setiap RTMP mendapatkan bantuan ayam joper sebanyak 50 ekor beserta bantuan pembuatan kandang sebesar Rp 500 ribu. “Ini sudah proses pendistribusian, tim BBIB sudah turun ke lapangan,” imbuhnya.

Hafid mengungkapkan paling tidak dalam waktu satu bulan ke depan bantuan ayam joper tersebut akan diserahkan secara seremonial di salah satu kecamatan. “Insyaallah satu bulan kedepan sudah direalisasikan,” tutupnya. (Rus)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *