Bantuan Dunia Usaha Mulai Disalurkan Lewat PMI

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com | Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama APINDO dan Asosiasi menyerahkan bantuan sebesar 10 miliar ke Palang Merah Indonesia (PMI). Penyerahan dilakukan oleh Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani kepada Jusuf Kalla, Ketua PMI di Markas Pusat PMI, Jakarta, Jumat (27/3/2020). Bantuan 10 miliar ini berasal dari Santini Group dan Pakarti Yoga Group dan penggalangan dana telah dilakukan Kadin Indonesia sejak seminggu lalu melalui Yayasan Kemanusian Kadin Indonesia.

Sebelumnya, Yayasan Kemanusian Kadin Indonesia secara bertahap telah menyerahkan bantuan berupa 5000 unit peralatan uji cepat (rapid test kit), pada Rabu 24 Maret lalu melalui Kementerian BUMN.

“Bantuan yang kami lakukan hari ini hasil donasi dari APINDO, asosiasi dan perusahaan di bawah naungan KADIN yang tergabung dalam inisiatif Pengusaha Peduli NKRI.” ungkap Rosan P. Roeslani yang juga merupakan Ketua Yayasan Kemanusian Kadin Indonesia, di sela acara penyerahan bantuan di Markas PMI, Jakarta.

Menurutnya, meski kondisi ekonomi terus melemah dan pengusaha menghadapi permasalahan akibat dampak Covid-19, hal tersebut tidak menjadikan pengusaha tinggal diam. Beliau juga menyampaikan bahwa pandemik ini telah memberikan hikmah tersendiri, yaitu menjadikan Indonesia kembali ke jati dirinya sebagai bangsa yang menjunjung rasa persatuan dan gotong royong. “Semua ini bisa kita lakukan karena dukungan dan gotong royong dari banyak perusahaan dan asosiasi, saya sangat mengapresiasi kebesaran hati mereka yang tulus membantu, ini menunjukan persatuan kita sebagai saudara sebangsa, rasa sepenanggungan dan gotong royong, inilah jati diri bangsa kita”.

Rosan mengingatkan untuk semua pengusaha bersatu dan jangan hanya memikirkan kepentingan sendiri atau kepentingan keluarganya saja “Janganlah, masyarakat saat ini sangat butuh bantuan kita, kalaupun kita memang mampu mendatangkan pelayanan kesehatan sebisa mungkin berikanlah terlebih kepada masyarakat yang membutuhkan dan rawan terdampak wabah ini” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Rosan juga menyampaikan harapan agar seluruh pengusaha saling menopang satu sama lain untuk meringankan beban pemerintah “Jangan lihat besarnya jumlah yang bisa diberikan, sekarang apapun yang bisa dilakukan untuk meringankan pemerintah mencegah penyebaran Covid-19, meringankan penderitaan saudara-saudara kita, lakukanlah” himbaunya.

Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla dalam kesempatan ini mengucapkan terima kasih atas bantuan Kadin bagi masyarakat yang disalurkan melalui PMI.

“PMI berterimakasih atas bantuan yang diberikan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama APINDO. Bantuan ini akan sangat mendukung upaya PMI dalam membantu masyarakat menghadapi Covid-19. Dalam penanganan Covid-19 ini, PMI fokus pada upaya mitigasi dan pencegahan Covid-19 dengan gencar melakukan edukasi kesehatan ke masyarakat luas dan saat ini kami sedang melakukan penyemprotan disinfekatan secara besar-besaran di area-area publik seperti rumah ibadah, sekolah, dan perkantoran publik. Kami juga telah membangun gudang darurat sebagai tempat sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk respon PMI menangani Covid-19,” jelas Jusuf Kalla.

Disampaikan apabila pengusaha dan masyarakat ingin membantu bisa disalurkan ke

Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia dengan nomor 070 00 099 6566 1 di Bank Mandiri kantor cabang Jakarta Plaza Mandiri atau Kadin Indonesia (Yayasan Kemanusiaan) di BCA KCU Kuningan dengan nomor 217 8777 209 (IDR) dan 217 8777 233 (USD).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait