beritalima.com

BBIB Singosari Anggarkan 300 Ton per Tahun Pakan Ternak Konsentrat

  • Whatsapp
Salah Satu Jenis Sapi Brahma di BBIB Singosari

MALANG, beritalima.com| Untuk memenuhi kebutuhan pangan ratusan ekor sapi dalam tiap tahun, Balai Besar Insminasi Buatan (BBIB) Singosari membutuhkan pakan konsentrat sebanyak 300 ton dalam kurun waktu setahun. Jumlah riil sekitar 244 ekor sapi dari berbagai jenis.

“Pertahun ada sekitar 300 ton, untuk pakan konsentrat sapi, selain pakan buatan sendiri,” ungkap Faisol Rusdi Bagian Tehnik Pakan BBIB Singosari, kepada awak media, Selasa 03 September.

beritalima.com

Bacaan Lainnya

Menurutnya berbagai jenis Sapi di BBIB dalam kurun waktu satu bulan agar sapi terlihat sehat maka dibutuhkan makanan yang berkonsentrat tinggi. Yang untuk setiap harinya sapi tersebut menghabiskan makanan Konsentrat sebanyak 3 kilo sampai 5 Kg.

“Tiap hari rata rata untuk makanan konsentrat sapi, rata rata kami menghabiskan kisaran 3 Kg hingga 5 Kg, selain buatan sendiri,” tandasnya.

Sementara itu BBIB Singosari, tiap tahun menggelar tender untuk penyediaan pakan ternak sapi Konsentrat sebanyak 216 ekor Sapi. Dengan nilai tender yang dilelang kepada publik adalah Rp 2,3 miliar, dimenangkan oleh CV. Misharalafasy yang berlokasi di Jl. Sultan Hasanuddin, Komp. Graha Satelit – Gowa Sulawesi Selatan.

Anggaran yang dianggarkan melalui Kementrian Pertanian (Kementan) itu, dilakukan tender cepat dengan pagu senilai Rp 2,7 Milyar, dengan spesifikasi per hari Rp 5 Kg untuk 216 ekor sapi. [San/red]

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *