Benarkah Mandi Malam Berbahaya, Hoax Or Mitos !

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS*
Sebuah mitos di masyarakat kita bergulir bahwa kalau kita mandi di malam hari badan akan timbul Rheumatik Arthritis atau encok badan terasa sakit dan ngilu, apa ini benar ? Dalam perdebatan antara seorang nenek tua bersama cucunya saat percakapan setelsh makan malam di meja makan.

Pasti kamu sering mendengar bahwa mandi malam dapat menyebabkan rematik, hal ini tentu akan membuat kamu bertanya-tanya apa benar bahwa mandi malam menyebabkan rematik? Selain itu ada beberapa orang yang mengatakan hal ini hanyalah mitos.Saat bekerja seharian di luar ruangan dan bekerja lembur tentu akan membuat kita pulang dan mandi agar menyegarkan tubuh, kebiasaan mandi malam hari memang sangat tidak dianjurkan. Bukan berarti hal ini juga ada hubungannya dengan rematik yang akan kamu rasakan.

Studi yang dilakukan Perhimpunan Reumatologi Indonesia menjelaskan, mandi malam atau cuaca dingin tidak menyebabkan penyakit rematik. Namun, pada penderita rematik tertentu faktor dingin dapat memperberat keluhan sehingga bila terkena dingin terasa nyeri pada persendian.Ketika kamu mandi di malam hari terkadang akan menyebabkan kapsul sendi menjadi kesil setiap tubuh kamu disiram dengan air yang dingin. Terkadang hal ini juga akan menimbulkan rasa nyeri pada persendian dan kemungkinan akan terkena rematik. Untuk itu cari tahu di bawah ini mitos atau fakta bahwa mandi malam penyebab rematik yang sering dipertanyakan Penyakit ini terjadi menyerang pada 1–5 persen orang dewasa di seluruh dunia dan lebih sering terjadi pada usia 20-40 tahun. Wanita mempunyai indikasi 2–3 kali lipat menderita rematik dibanding laki-laki. Jika kamu atau orang-orang terdekatmu memiliki gejala-gejala di atas dan ingin berdiskusi langsung dengan dokter ahli.

Suhu dingin dapat mengakibatkan kapsul pada sendi menjadi mengkerut. Kondisi ini menyebabkan munculnya rasa nyeri pada pengidap rematik. Rematik sendiri merupakan penyakit yang menyebabkan radang, kemudian mengakibatkan rasa nyeri, kaku, dan bengkak pada sendi. Penyakit ini disebabkan oleh gangguan autoimun. Tangan, pergelangan tangan, kaki, dan lutut merupakan bagian tubuh yang sering terkena penyakit rematik.

GEJALA RHEUMATIK :
1. Nyeri dan bengkak di beberapa sendi (seperti kedua pergelangan tangan atau kedua pergelangan kaki)
2. Masalah pada organ lain seperti mata dan paru-paru
3. Kekakuan sendi, terutama di pagi hari
4. Kelelahan
5. Benjolan yang disebut nodul rheumatoid
Rematik atau artritis adalah peradangan dan nyeri yang terjadi pada sendi. Mitosnya, ini terkait dengan mandi saat malam hari. Benarkah mandi malam penyebab rematik? Menurut Arthritis Foundation, rematik biasa dimulai pada usia 30-60 tahun, dan lebih banyak diderita oleh wanita Peradangan yang terjadi pada sendi dapat terjadi karena berbagai hal, salah satunya gaya hidup atau keturunan.Namun, terdapat mitos yang beredar di masyarakat, jika mandi malam bikin rematik Jadi apakah benar mandi malam penyebab rematik bagi sejumlah orang?

PENYEBAB RHEUMATIK DIKAITKAN DENGAN:
1. Keturun
2. Usia
3. Jenis Kelamin
4. Pernah Cedera atau Kecelakaan
5. Obesitas
6. Perokok

Mandi malam sering dihubungkan dengan rematik dan paru-paru basah. Benarkah, mandi malam bisa memicu kedua penyakit tersebut? ada dua mitos mengenai aktivitas mandi di malam hari yang cukup populer adalah mandi malam dapat menyebabkan rematik dan paru-paru basa

1. Mitos mandi malam sebabkan rematik,pandangan yang menyebutkan mandi malam dapat menyebabkan rematik adalah kurang tepat.

Menurut dr. Handrawan Nadesul dalam bukunya Resep Mudah Tetap Sehat yang diterbitkan pada 2009, terdapat puluhan penyebab yang bermuara pada keluhan rematik. Dari puluhan penyebab tersebut, mandi malam tidak termasuk di antaranya. Menurutnya, mandi malam hanya dapat membuat rematik kumat, bukan menjadi penyebabnya. Hal itu karena mandi malam dengan air dingin bisa memicu terjadinya perubahan tekanan udara. Namun, sekarang dikembangkan, penyakit atau gangguan pada otot, tulang, dan saraf pun juga tergolong rematik atau sering juga disebut sebagai encok. Gejala umum rematik di antaranya, bisa nyeri, kaku di sendi, sampai tidak bisa melakukan aktivitas fisik normal.
Beberapa hal yang menjadi penyebab rematik di antaranya adalah
1. bertambahnya usia
2. Pernah cedera,
3. faktor gen atau keturunan.

2. Mandi malam menyebabkan paru-paru basah?
Paru-paru basah (efusi pleura) merupakan kondisi pleura paru-paru yang berisi banyak cairan. Pleura itu sendiri adalah selaput tipis yang membungkus paru-paru dan bagian dalam rongga dada. Selaput ini yang berfungsi sebagai pelumas untuk memudahkan paru-paru supaya dapat bergerak lancar saat kita bernapas.
Beberapa penyakit atau gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan pleura kelebihan cairan di antaranya
1. Komplikasi bedah jantung
2. Emboli paru
3. Penyakit ginjal
4. Infeksi virus dan bakteri seperti pneumonia atau tuberkulosis
5. Penyakit autoimun seperti lupus atau rematik (rheumatoid arthritis) Penyakit hati seperti sirosis
6. Gagal jantung kongestif
7. Kanker paru atau limfoma
8. Paru-paru basah bisa dibilang merupakan masalah kesehatan yang sangat umum.

PENCEGAHAN
1. Olahraga Teratur
2. Konsumsi Sayuran dan Buah
3. Cukup Minum Air Putih
4. Lakukan Peregangan
5. Berjalan Kaki

KESIMPULAN :
Bahkan ilmu kedokteran pun tidak ada yang membuktikan jika mandi malam bikin rematiki Tdak perlu takut lagi mandi di malam hari. Mandi malam menyebabkan rematik hanyalah sebuah mitos. Untuk memberi kenyamanan, coba mandi malam dengan air hangat supaya tubuh terasa lebih rileks.
RobertoNews 1514 《10.8.22 (07.00))
Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait