Beri Bantuan Mobil Operasional Ke Gereja dan Bama, Mensos Rismaharini Dipuji Gereja

  • Whatsapp

JAYAPURA – Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini hari ini memberikan bantuan logistik dan kendaraan untuk Lumbung Sosial yang akan ditempatkan di beberapa gereja lokal, khususnya untuk wilayah Pegunungan Papua.

Bantuan disalurkan secara simbolis melalui gereja GKI, GIDI, Keuskupan dan Sinode Kingmi Provinsi Papua di Aula Diklat Sosial Tanah Hitam Abepura Kota Jayapura, Kamis (14/12/2023).

Bantuan yang disalurkan berupa, 4 buah Mobil Kemensos, 100 PJUTS (Penerangan Jalan Tenaga Surya), 20 ekor babi besar, ATK (Alat Tulis Kantor), infocus, AC, PC, laptop dan bantuan modal kewirausahaan. Bantuan-bantuan ini nantinya dibagi ke beberapa Kabupaten di wilayah Pegunungan Papua.

Mensos menyebut jika penyaluran bantuan dilakukan bekerjasama dengan Gereja agar lebih cepat dan tepat sasaran.

“Lokasi Gereja inikan dekat dengan rumah-rumah masyarakat , jadi seperti kasus di Agandugume, Anggruk dan Amuma kami kerjasamanya dengan gereja dan itu cepat sekali. Jadi begitu bantuan dikirim masyarakat sudah ada disitu dan langsung dibagikan. Jadi dari pengalaman itu kita kerjasama dengan gereja yang kita jadikan sebagai lumbung bantuan atau tempat penitipan bantuan-bantuan Kemensos,”ucap Risma.

Diakuinya untuk mempermudah suplai bantuan kepada masyarakat, pihaknya juga menghibahkan kendaraan sebagai alat angkut operasional.

“Jadi kan kendalanya transportasi itu, makanya kita juga berikan mobil sebagai operasional dan pastinya bahan makanan itu nanti kita titipkan di gereja-gereja ini,” jelasnya.

Untuk jenis makanan yang disalurkan, pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan gereja akan keinginan masyarakat setempat. Bisa berupa beras ataupun makanan lokal lain.

“Gereja yang lebih paham kebutuhan masyarakat untuk pangan yang mereka mau, bisa beras atau makanan lainnya. Intinya pihak gereja sebagai kepanjangan tangan kita yang lebih memahami kebutuhan masyarakat setempat,” katanya.

Bantuan yang diberikan Mensos ini pun mendapat apresiasi pihak Sinode Kingmi.

“Warga masyarakat Papua secara khusus warga gereja Kingmi Klasis Amuma Kabupaten Yahukimo mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan kepada warga yang terdampak kelaparan akibat gagal panen disana. Sekali lagi mewakili masyarakat kami ucapkan terimakasih,”ucap Sekretaris Sinode Kingmi Papua Pdt. Dominggus Pigai.

Pihaknya juga berharap dan mendoakan agar tugas pelayanan sosial kemanusiaan yang diemban ibu Risma bisa berjalan baik.

“Kami sebagai gereja kami mendoakan ibu agar dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai menteri dapat berjalan dengan baik dan semua program semua yang direncanakan demi mewujudkan misi kemanusiaan ini bisa berjalan baik. Karena memang kami sadar bahwa tanah Papua tanah injil ini masih terjadi bencana-bencana seperti ini, masyarakat dipelosok membutuhkan perhatian,”ucapnya lagi.

Sementara Ketua Tiga PGGP sekaligus Wakil Ketua 1 GKI di Tanah Papua Pdt. Hiskia Rollo turut mengapresiasi kerja kerja sosial kemanusiaan yang dilakukan Tri Rismaharini di Papua.

“Kerjasama dengan Kementerian Sosial dalam hal ini ibu menteri didasarkan atas MoU hati ibu menteri. Jadi ketika ibu menteri datang ke tanah Papua untuk pertama kali saat itu dia menemukan sebuah stakeholder (cara) baru dalam rangka pengembangan dan pendampingan kepada masyarakat. Yang ibu temukan adalah bagaimana membangun kerjasama dengan gereja untuk menyentuh masyarakat dipelosok yang tertimba bencana,”kata Pdt. Hiskia.

Pihaknya menyambut baik terobosan yang dilakukan ibu menteri Risma. Malah dirinya menyebut Risma adalah sosok Mama yang sangat peduli kepada masyarakat Papua.

“Kami menerima ibu dan kami mendapatkan sukacita yang sangat Besar. Kami menemukan seorang ibu dan bahkan kami menemukan sosok mama yang punya hati yang punya iman untuk menopang kami ditanah Papua. Karena tanah Papua ini masuk dalam kategori kemiskinan absolut dan IPM kita terendah di seluruh Indonesia. Sehingga dengan adanya ibu Risma yang diberikan tugas dan amanat dari negara dalam hal ini bapak Presiden Joko Widodo dalam hal kemanusiaan ini sangat menyentuh,”ucapnya.

“Kita semua gereja gereja memberikan dukungan terhadap ibu. Sehingga kalau gereja gereja sudah memberikan dukungan kepada ibu menteri sosial terhadap proses pembangunan bangsa dan negara diseluruh Indonesia maka kami percaya akan terjadi perubahan perubahan yang sangat signifikan dan luar biasa,”pungkasnya.

Untuk diketahui, selain memberikan bantuan kepada pihak Gereja, Kemensos RI juga menggelar pengobatan Katarak yang dilakukan di RS Bhayangkara Polda Papua.

beritalima.com

Pos terkait