Bersama PT BSI, Peringati Hari Kartini SDN 9 Sumberagung Gelar Fashion Show Unik

  • Whatsapp

BANYUWANGI – Peringati Hari Kartini, SDN 9 Sumberagung, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, menggelar ajang fashion show unik.

Ya, jika biasanya aksi lenggak lenggok dilakukan diatas panggung. Disini peragaan busana dilakoni dengan berlatar bangunan toilet. Maka tak heran, event ini diberi label Fashion Show Toilet Sehat.

Bacaan Lainnya

Meski digeber dengan sederhana serta tepat didepan bangunan toilet, puluhan siswi peserta nampak begitu antusias. Mereka juga terlihat sangat percaya diri saat memperagakan busana tradisional Nusantara.

Para bocah perempuan pun mendadak menjadi anggun dengan pakaian lokal yang disandang. Meski sesekali muncul momen menggelitik yang membuat para juri tak kuasa menahan senyuman. Maklum, para peserta hanya dilatih ala kadarnya oleh para guru.

Panitia pelaksana Fashion Show Toilet Bersih SDN 9 Sumberagung, Dinna Ratnawati menjelaskan, kegiatan ini sengaja digelar untuk memperingati Hari Kartini, yang diperingati setiap tanggal 21 April. Dilaksanakan sebagai wahana menumbuhkan rasa nasionalisme dan kecintaan pada tanah air serta terhadap busana tradisional sejak dini.

Menanamkan semangat serta kesadaran untuk mengenyam pendidikan bagi kaum hawa seperti sosok RA Kartini. Juga sebagai bentuk pendidikan karakter.

“Kegiatan ini sekaligus sebagai implementasi program Gerakan Sekolah Sehat (GSS),” katanya, Senin (22/4/2024).

Bangunan toilet dipilih sebagai latar fashion show, masih Dinna, sebagai upaya meng edukasi para siswa dan peserta untuk senantiasa menjaga kebersihan serta menumbuhkan pola hidup sehat. Sekaligus menjadi wujud dukungan terhadap program Jeding Rijig, yang diterus digaungkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi.

“Ini juga bukti bahwa kamar mandi pun jika dirawat kebersihanya dapat dimanfaatkan menjadi tempat pelaksanaan suatu kegiatan,” cetusnya.

Ditambahkan, Fashion Show Toilet Bersih Hari Kartini ini sekaligus menjadi bentuk penghargaan terhadap tambang emas PT Bumi Suksesindo (PT BSI). Mengingat anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk (PT MCG), merupakan pihak yang membangun toilet di SDN 9 Sumberagung.

Maka jangan heran, dalam event ini terdapat jajaran manajemen PT BSI serta tim pendamping program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) atau yang biasa disebut Corporate Social Responsibility (CSR) PT MCG, ikut duduk dalam dewan juri.

“Event ini pun digelar juga atas kolaborasi SDN 9 Sumberagung dengan PT BSI. Terima kasih PT BSI,” ungkap Dinna.

Pendamping CSR PT MCG, Anang Supriadi mengaku senang bisa terlibat aktif dalam kegiatan Fashion Show Toilet Bersih di SDN 9 Sumberagung. Menurutnya, selama ini pihak Perusahaan tambang emas di gunung tumpeng pitu, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, juga telah menyalurkan CSR sektor pendidikan ke sejumlah sekolah.

“Untuk CSR pembangunan toilet, selain di SDN 9 Sumberagung, juga kita salurkan di SDN 2 dan 6 Sumberagung, serta lainnya,” kata Anang.

Selain bangunan toilet, lanjutnya, CSR sektor pendidikan juga disalurkan dalam bentuk fasilitas penunjang kegiatan belajar mengajar lainnya. Seperti pembangunan ruang kelas, pavingisasi dan masih banyak lagi.

“Semoga mampu memberi manfaat serta meningkatkan kualitas Pendidikan, khususnya diwilayah ring satu Perusahaan, yakni diwilayah Kecamatan Pesanggaran dan Siliragung,” cetus Anang.

Perlu diketahui, wilayah Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, memang merupakan lokasi investasi PT BSI, selaku pemegang izin Usaha Pertambangan Operasi Prodüksi (IUP OP) Emas dan Mineral Pengikutnya, Nomor 188/547/KEP/429.011/2012.

Wilayah Kecamatan Pesanggaran meliputi Desa Kandangan, Sarongan, Sumberagung, Sumbermulyo dan Pesanggaran.

Anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk (PT MCG) tersebut telah dinyatakan sebagai Obyek Vital Nasional (Obvitnas) sesuai Kepmen ESDM Nomor 159.K/90/MEM/2020. Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri atau PMDN ini operasi prodüksi di Deşa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. (Bi)

beritalima.com

Pos terkait