BI Jatim Buka Layanan Penukaran Uang Secara Drive Thru

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1443 H, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur bekerjasama dengan Perbankan Surabaya membuka layanan penukaran uang baru, baik melalui Kas Keliling Bank Indonesia, layanan cabang perbankan tertentu hingga konsep penukaran drive thru.

Mengawali pelaksanaan seluruh layanan penukaran uang baru tersebut, BI Jatim pada Sabtu (9/4/2022) pagi menggelar seremonial Kick Off Penukaran Uang Tunai bertajuk “Serambi Rupiah Ramadhan: Belanja Bijak dan Rawat Rupiah”.

Kegiatan yang ditandai dengan penghitungan uang dan penyematan topi pada petugas penukaran tersebut disaksikan langsung oleh 31 pimpinan perbankan Surabaya yang turut ambil bagian dalam layanan penukaran uang secara drive thru tersebut.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, Budi Hanoto, saat membuka acara ini dengan mengatakan, BI Jatim menyiapkan uang tunai sebanyak Rp 12 triliun untuk penukaran bulan Ramadhan tahun ini.

Untuk memfasilitasi penukaran uang rupiah baru tersebut, Bank Indonesia bekerjasama dengan 31 Perbankan Surabaya, berinovasi untuk memberikan pelayanan penukaran uang rupiah yang mudah dan nyaman kepada masyarakat Surabaya melalui mekanisme drive thru.

Layanan yang baru pertama kali diterapkan di Surabaya ini diharapkan mampu mendukung pemenuhan kebutuhan uang tunai masyarakat Surabaya.

“Dengan dibukanya fasilitas layanan drive thru ini, saya harap masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik dan tidak perlu menukar di tempat tidak resmi yang berbayar,” tegas Budi.

“Di drive thru ini masyarakat dapat menukar dengan aman, nyaman, gratis dan yang paling penting terhindar dari risiko menerima uang palsu,” lanjutnya.

“Namun demikian kami tetap mengimbau pada masyarakat untuk tetap berbelanja secara bijak, tetap merawat uang rupiah dan mulai membiasakan diri bertransaksi secara non tunai,” tambahnya.

Layanan penukaran secara drive thru ini dilaksanakan di halaman Kantor Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur di Jalan Pahlawan No.105 Surabaya setiap Sabtu dan Minggu tanggal 9, 10, 16, 17, 23, dan 24 April 2022. Waktunya, sesi I pukul 09.00 – 11.00, dan sesi II pukul 13.00 – 15.00.

Untuk pemerataan, penukar hanya dapat menukar uang maksimal Rp 3,8 juta yang terdiri dari maksimal 1 bendel Uang Rupiah Kecil (UPK) dari Rp20.000,- sampai dengan pecahan Rp1.000,-.

Selain layanan drive thru, BI Jatim juga menyediakan layanan penukaran uang dengan metode dan jadwal penukaran yang berbeda. Pertama, di Museum De Javasche Bank (DJB) setiap hari Senin, dan di Perpustakaan Mayangkara setiap hari Rabu selama bulan Ramadhan.

Kedua, layanan penukaran di 290 titik kantor cabang perbankan yang tersebar di Surabaya, Bangkalan, Sumenep, Sampang, Pamekasan, Gresik, Tuban, Bojonegoro, Lamongan, Sidoarjo, Jombang, dan Mojokerto. (Gan)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait