Bintitan Apakah Suka Ngintip?

  • Whatsapp

Oleh:
DR.dr.Robert Arjuna FEAS*
Pak Ali baru pulang dari dokter mata kwrena mata kiri terjadi pembengkakan di kelopak mata dan mata kiri harus ditutup kain kasa kata dokter mata dia sakit bintitan dan mbak Tuti juga sakit mata b8ntitan kata orang itu suka ngintip.Pada hal bintitan adwlah keadaan dimana seseorang terjadi infeksi pada saluran kelenjar dikelopak mata bukan karena suka ngintip orang Hal ini dikarenakan banyak sekali orang yang pernah mengalaminya. Meskipun kondisi mata bintitan tidak begitu serius, bintitan pada mata sangat mengganggu keseharian kita, mata bintitan dapat menimbulkan rasa nyeri maupun mengganggu penampilan. Maka dari itu, yuk simak apa itu bintitan dan cara mengobatinya!

Bintitan atau hordeolum adalah kondisi ketika bintil menyakitkan mirip jerawat atau bisul tumbuh di tepi kelopak mata. Bintitan umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri dan biasanya hanya muncul pada salah satu kelopak mata.Bintitan sering muncul di kelopak mata bagian luar, tetapi terkadang juga bisa timbul di bagian dalam kelopak mata. Bintil yang tumbuh di bagian dalam lebih menyakitkan daripada yang tumbuh di luar. Meski begitu, bintitan tidak sampai menyebabkan gangguan penglihatan.

BINTITAN ITU APA ?
Bintitan atau dalam bahasa medis disebut hordeolum, adalah sebuah benjolan kecil yang berbentuk mirip dengan jerawat. Bisa juga disebut sebagai bisul pada mata. Kondisi ini bisa tumbuh di luar atau pun di dalam kelopak mata

GEJALA BINTITIAN
1. Gatal
2. Air mata keluar terus-menerus
3. Bengkak dan nyeri di bagian yang bintitan
4. Timbul kerak pada kelopak mata

PENYEBAB UTAMA
Penyebab utama mata bintitan adalah adanya infeksi bakteri Staphylococcus. Bakteri tersebut umum tumbuh dan hidup di kulit kelopak mata akibat adanya sumbatan kelenjar minyak yang menimbulkan peradangan. Adapun penyebab lainnya adalah sebagai berikut:
1. Tidak membersihkan sisa kosmetik pada mata sebelum tidur
2. Adanya kuman dan kulit mati yang terperangkap di ujung kelopak mata
3. Sering menyentuh mata dengan tangan yang kotor.
4. Memakai kosmetik yang lewat kedaluwarsa.
5. Memakai lensa kontak yang tidak steril.
6. Mengalami peradangan pada ujung kelopak mata (blefaritis).
7. Mengalami penyakit rosacea yang menyebabkan kulit wajah memerah.

Mata bintitan dalam bahasa medis dikenal dengan sebutan hordeolum atau stye. Meskipun tidak berbahaya, bintitan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda karena rasa nyerinya serta merusak keindahan mata
Mata bintitan adalah kondisi ketika timbul benjolan di ujung kelopak mata, baik kelopak mata bagian atas maupun bawah.Benjolan ini timbul karena adanya kelenjar minyak di kelopak mata yang tersumbat.Di kelopak mata terdapat kelenjar minyak yang bisa tersumbat oleh sel kulit mati, kotoran, dan kelebihan minyak.

Ada tiga kelenjar kelopak mata yang sering tersumbat dan terinfeksi, yaitu kelenjar zeis, moll, dan meibom.
Bintitan dibagi atas :
1. Hordeolum internal :Mata bintitan internal. Ini terjadi ketika kelenjar meibom yang tersumbat. Pada jenis ini, benjolan biasanya muncul di kelopak mata atas serta mengarah ke sisi dalam, sehingga kelopak mata perlu dibuka untuk dapat melihat benjolan dengan lebih jelas.

2. Hordeolum eksternal.:Mata bintitan eksternal. Ini terjadi ketika adanya sumbatan pada kelenjar zeis atau moll. Hordeolum eksternal akan muncul di pangkal bulu mata, baik pada kelopak mata atas maupun bawah. Biasanya, benjolan akan mengarah ke sisi luar.

FAKTOR RESIKO TERJADI BINTITAN
1. Menyentuh mata sebelum mencuci tangan
2. Menggunakan kontak lensa yang kotor
3. Menggunakan kontak lensa kedaluwarsa
4. Tidak membersihkan makeup sebelum tidur
5. Menggunakan makeup kedaluwarsa
6. Memiliki kulit kering

PENGOBATAN BINTITAN
Sebagian besar bintitan bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7–21 hari, terutama bila bintitan telah pecah dan mengeluarkan nanah. Namun, jangan pernah memencet atau memecahkan bintitan sendiri, karena dapat memicu penyebaran infeksi.

LANGKAH PENCEGAHAN
1. Menjaga kebersihan mata
2. Cucilah kelopak mata yang bintitan dengan sabun berbahan lembut dan hindari pemakaian kosmetik mata sampai bintitan sembuh.
3. Mengompres kelopak mata dengan air hangat
4. Kompres kelopak mata 2–4 kali sehari dengan handuk yang sudah direndam air hangat.
5. Tidak memakai lensa kontak
6. Hindari penggunaan lensa kontak sampai bintitan benar-benar
7. Mengonsumsi obat pereda nyeri
8. Konsumsilah obat pereda nyeri yang dijual bebas tanpa resep, seperti paracetamol, untuk meredakan rasa sakit pada mata.
Demikian sekilas info, semoga bermanfaat.
RobertoNews 1537《4.9.22(05.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait