BMT Tambelangan Sabet Anugerah Terbaik se Kabupaten Sampang

  • Whatsapp

SAMPANG, BeritaLima.com – Dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) Cabang Koprasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan (KSPP) Syariah Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) NU Jatim se-kabupaten Sampang yang dilaksanakan di Gedung BPU, BMT NU Kabupaten Sampang memberikan anugerah kepada beberapa cabang.

Diantara yang mendapatkan anugerah cabang Tambelangan sebagai cabang terbaik dan rekrutmen Umrah terbaik diraih oleh cabang kota Sampang. Tidak hanya itu, BMT NU juga menganugerahi pengelola terbaik yang kali ini didapatkan oleh Cabang Torjun.

Hadir dalam kegiatan yang mengusung tema ‘Bergerak bersama anggota dalam merawat BMT NU semakin tangguh dan berkah’ antara lain Pengurus BMT Pusat, Pengawas Pusat Darwis, Sekretaris Pusat Deni firdaus serta Bendahara Pusat Hendri Hendarto, serta PC NU KH. Nuruddin, Kepala Diskoperindag Sampang Choirijah dan Mitra strategis BSI.

Wakil Ketua PCNU Sampang, KH. Zainnuddin JC dalam sambutannya menyampaikan dukungan dan apresiasi, utamanya kepada pengawas dan pengelola atas keteguhannya menjalankan tugas di BMT NU Jawa Timur. Belia mendoakan semoga apa yang diniatkan dan dilakukan oleh BMT NU mendapat Ridha Allah SWT, syafaat Rasulullah SAW., dan barakah Muassis Nahdlatul Ulama.

“Mudah-mudahan apa yang kita niatkan dan kita lakukan mendapat Ridha dari Allah, syafaat dari Rasulullah dan barakah ulama. Atas nama PCNU Sampang kami menyampaikan dukungan dan apresiasi utamanya kepada pengawas dan pengelola.” Ungkapnya.

Lebih jauh dari itu, beliau menegaskan bahwa tugas seorang muslim tidak cukup hanya berdzikir saja namun juga dianjurkan untuk bermuamalah sesuai dengan ketentuan syariat.

“Apapun yang kita mau, BMT NU siap melayani dengan berbagai programnya. Intinya kita tetap berbaur, bekerja, berbakti bersama dalam menabung dan melakukan pembiayaan di BMT NU karena tugas kita sebagai muslim tidak harus selalu dzikir saja, tetapi bermuamalah bisa juga menjadi ibadah dengan tujuan untuk melayani umat,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Kepala Diskoperindag Sampang Choirijah memberikan dukungan dan apresiasi kepada BMT NU Jawa Timur yang rutin melaksanakan RAT setiap tahun yang menandakan bahwa koperasi tersebut aktif dan bekerja dengan baik serta penghargaan yang diberikan kepada anggota adalah hal yang sangat luar biasa karena tidak semua koperasi memberikan reward kepada anggotanya.

“Saya sebagai Pembina Koperasi sangat berbahagia memberikan dukungan dan apresiasi kepada pengurus BMT NU yang dapat menyelenggarakan RAT secara teratur setiap waktu. BMT NU ini sangat luar biasa juga pernghargaan kepada anggotanya juga luar biasa,” ucapnya.

Ia pun berharap, setiap anggota yang hadir berhak untuk berbicara dan berpendapat dengan harapan pertanggungjawaban yang disampaikan oleh pengurus bisa dipahami.

Sementara itu pengawas BMT NU Tambelangan H.Syaiful Ansori menyatakan, bahwa dengan adanya BMT NU Jatim di Kecamatan Tambelangan, Itu sangat dirasakan manfaatnya. Pertama, MWC Kecamatan Tambelangan sudah bisa membeli tanah seluas 750 meter persegi seharga Rp 700 juta. “Uang itu dari bagi hasil BMT NU yang 10 persen,” jelasnya, Sabtu 20/01/2024.

Menurut H.Syaiful Ansori, BMT NU Tambelangan terus mengalami peningkatan setiap tahun. Rinciannya 2017 Rp 6.823.458, 2018 Rp 25.427.119, 2019 Rp 55.519.300, 2020 Rp 103.750.225, 2021 Rp 137.989.114, 2022 Rp 166.553.519 dan 2023 Rp 182.939.200.

Kemudian, kata dia, MWC NU Kecamatan Tambelangan selain mendapatkan tanah, juga mendapatkan tanah wakaf dengan luas 14×18. Kemudian tanah tersebut didirikan bangunan MWC NU yang didapat dari DPR Provinsi Jatim dari Fraksi PDI-P pada tahun 2023.

“Sekarang untuk MWC NU Tambelangan sudah punya 2 kantor. Pertama di Dusun Preketan, dan kedua di Dusun Samaran Barat Desa Samaran,” paparnya.

Dia menambahkan, bahwa ke depan pihaknya berharap untuk MWC NU Tambelangan, dengan adanya BMT NU bisa terus bermanfaat untuk ummat. Terkhusus untuk NU Kecamatan Tambelangan.

“Karena BMT NU Kecamatan Tambelangan, penyumbang terbesar se-kabupaten Sampang. Karena pengelola dan pengurus saling berbaur. Mari kita menabung dan meminjam ke MWC NU Tambelangan,” harapnya.

Terakhir pihaknya tidak lupa untuk mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada para Pengawas dan anggota atas partisipasinya dalam menyukseskan RAT CABANG, semoga apa yang kita kerjakan bernilai ibadah, dan semoga BMT NU semakin Amanah Bermanfaat untuk semua, kami selaku panitia mohon maaf atas segala kekurangan dan terimakasih atas segala dukungannya.(FA)

beritalima.com

Pos terkait