BPJAMSOSTEK Surabaya Darmo Gelar Webinar Budaya 3M dan K3

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Cabang Surabaya Darmo menggelar webinar dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional Tahun 2021 dengan tema “Budaya 3M dan K3 Untuk Melindungi Pekerja Meningkatkan Produktifitas Kerja”, Kamis (11/2/2021).

Webinar yang diikuti para mitra kerja ini dibuka Asisten Deputi Wilayah Bidang Pengawasan dan Pemeriksaan dan Menajemen Risiko BPJAMSOSTEK Jawa Timur, Tony Isprijanto, mewakili Deputi Direktur Wilayah BPJAMSOSTEK Jawa Timur, Deny Yusyulian.

Dalam kegiatan yang dikemas menarik ini mengundang pakar psikologi dari RS Mitra Keluarga Waru, Naftalia Kusumawardhani S.Psi Msi, yang memberikan materi terkait hubungan K3 dalam peningkatan produktifitas kerja, dan sosialisasi terkait Kecelakaan Kerja – Penyakit Akibat Kerja oleh Manajer Kasus KK-PAK Kantor Cabang Surabaya Darmo, Ratna Dwi Wahyuni.

Webinar ini dihadiri oleh 100 perwakilan mitra kerja BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo, para pemberi kerja, serikat pekerja, dan perwakilan Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK). Disebutkan, BPJAMSOSTEK melaksanakan rangkaian peringatan Bulan K3 Nasional 2021 sepanjang minggu ke-4 dari Januari sampai Maret minggu ke-2 secara serempak di seluruh Indonesia.

Pemandu kegiatan, Farida Hanum yang juga sebagai Kepala Bidang Pelayanan dan Pps Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo mengatakan, BPJAMSOSTEK sangat berkepentingan dalam penyelenggaraan kesehatan dan keselamatan kerja bagi perusahaan dalam semua sektor usaha.

Dipaparkan, tujuan dari K3 adalah, pertama, meningkatkan efektifitas perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja yang terencana, terukur, terstruktur, dan terintegrasi.

Kedua, mencegah dan mengurangi kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dengan melibatkan unsur manajemen, pekerja/buruh, dan/atau serikat pekerja/serikat buruh. Dan ketiga, menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, dan efisien untuk mendorong produktivitas sesuai PP 50 Tahun 2012.

“Para pengusaha dan pekerja perlu memahami tentang pentingnya penerapan K3 di tempat kerja, karena tempat kerja merupakan tempat berinteraksi dan berkumpulnya orang yang merupakan faktor risiko, sehingga perlu upaya antisipasi penularan terlebih di masa pandemi covid-19 ini,” tuturnya.

“Pandemi Covid-19 memberikan perubahan tata kerja baru, sehingga diperlukan strategi pengendalian baru dalam penerapan K3 di tempat kerja. Budaya 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun), merupakan bagian dari penerapan budaya K3 yang mulai digalakkan sejak masa pandemi Covid-19 dengan tujuan agar pekerja tetap aman dan sehat saat beraktivitas,” lanjut Hanum.

Hanum juga menyampaikan, bahwa sejak pandemi Covid-19 hingga diberlakukannya sistem PPKM di Kota Surabaya, BPJAMSOSTEK Surabaya Darmo tetap memberikan pelayanan terbaik bagi peserta. Melalui Pelayanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik), pengajuan klaim dapat dilakukan secara online dengan mengakses lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id.

“Pada kondisi pandemi ini BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo juga telah membayarkan klaim JKK PAK (Penyakit Akibat Kerja) Covid-19 yang dialami tenaga kesehatan dengan rincian 2 klaim santunan meninggal akibat PAK Covid-19,” imbuhnya. (Ganefo)

Teks Foto: Webinar yang diselenggarakan BPJAMSOSTEK Cabang Surabaya Darmo dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional 2021, Kamis (11/2/2021).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait