BPN Sidoarjo, Terbitkan 60 Ribu Sertifikat Tanah Warga dan Instansi

  • Whatsapp

SIDOARJO, beritalima. Com- Sebanyak 60.000 sertifikat tanah milik warga dan instansi pemerintahan dibagikan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sidoarjo. Penerbitan sertifikat tanah ini melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2018 lalu. Secara simbolis sertifikat tanah ini diserahkan Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah di pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Jumat, (25/01/2019).

Dalam penyerahan itu, selain sertifikat tanah milik warga, juga diserahkan sertifikat aset milik Pemkab Sidoarjo serta sertifikat aset Tanah Kas Desa (TKD). Bahkan juga diserahkan sertifikat aset Kementerian Perhubungan RI yang dipergunakan untuk rel Kereta Api serta sertifikat aset Kementerian PUPR RI yang dipergunakan untuk jalan nasional.

Saat penyerahan sertifikat ini Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah didampingi Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin serta Kepala BPN Sidoarjo, Humaidi.

“Kami menyambut baik atas penyerahan sertifikat PTSL dan aset pemerintah ini. Karena terbitkannya sertifikat ini meningkatkan status kepemilikan tanah dimata hukum. Dengan memiliki sertifikat, tidak perlu dikhawatirkan lagi timbul permasalahan sengketa tanah dikemudian hari,” katanya.

Pria yang akrab dipanggil Abah Ipul ini meminta masyarakat agar menjaga dengan baik sertifikat tanahnya. Baginya sertifikat tanah adalah barang berharga. Sertifikat tanah dapat dimanfaatkan untuk pinjaman modal usaha.

“Tapi saya berpesan agar tidak meminjamkan sertifikat tanah kepada orang lain. Karena khawatir akan disalahgunakan peminjam sertifikat,” imbuhnya.

Selain itu, Bupati mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran BPN Sidoarjo yang membantu masyarakat dalam program sertifikasi tanah massal. Ia berharap program PTSL akan mampu menciptakan situasi yang kondusif di lingkungan masyarakat Sidoarjo. Pihaknya berharap kerjasama antara Pemkab dan BPN Sidoarjo dapat berlangsung terus-menerus dan berkesinambungan.

“Tanpa dukungan tersebut pelaksanaan tugas-tugas Pemkab Sidoarjo tidak berjalan dengan baik,” tegasnya.

Sementara Kepala BPN Sidoarjo, Humaidi mengungkapkan ada 60.000 bidang tanah milik warga Sidoarjo yang menjadi target program PTSL Tahun 2018 lalu. Target ini terlampaui dengan diterbitkannya sertifikat tanah yang diserahkan itu. Menurutnya puluhan ribu bidang tanah ini tersebar di 39 desa yang berada di 9 kecamatan di Sidoarjo.

“Penyerahan sertifikat tanah ini, penyerahan tahap pertama sertifikat PTSL Tahun Anggaran 2018. Ada 117 sertifikat tanah yang diserahkan pada tahap pertama kali ini. Sedangkan untuk penyerahan selanjutnya akan dilakukan di masing-masing desa penerima program PTSL,” ungkapnya.

Bagi Humaidi, keberhasilan program PTSL tidak terlepas dari peran serta dan kerjasama yang sinergi antara semua pihak. Mulai dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta masyarakat. Menurutnya, penyerahan sertifikat tanah kali ini adalah bukti BPN RI selalu berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami juga menerbitkan sertifikat aset milik Pemkab Sidoarjo sebanyak 16 bidang, TKD aset Pemerintah Desa Singopadu, Kajeksan, Kemantren, Grogol, Grinting serta Desa Medalem, Kecamatan Tulangan berjumlah 186 sertifikat. Selain itu 4 sertifikat tanah untuk rel kereta api diserahkan ke Balai Teknik Perkeretaapian Jatim, serta sertufikat untuk jalan nasional sebanyak 3 bidang diserahkan ke Balai Besar Jalan Nasional 8 Surabaya, pungkasnya. (Kus)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *