Buka Lahan Dengan Dibakar, 1 Hektar Lahan Alang-alang Terbakar

  • Whatsapp

JAYAPURA, beritalima.com – Sekitar satu hektar lahan alang-alang di wilayah Gunung Perumnas 3 Waena Kelurahan Heram Jayapura sekitar pukul 11. 30 Wit siang tadi terbakar.

Yohanis. S. Huik. S.hut, Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Kota Jayapura menyebut kebakaran tersebut terjadi diduga akibat ulah warga yang membuka lahan dengan cara membakar.

“Dugaan akibat pembukaan lahan oleh warga dengan cara di bakar, akibat angin yang kencang dan gambut yang pada kondisi kering, hingga api cepat membesar dan merambat hingga membakar sekitar satu hektar lahan disana,”terang Yohanes kepada, Kamis (14/6/2017).

Upaya pemadaman yang dilakukan, papar Yohanes, pihaknya mengerahkan unit reaksi cepat Rescue Wana Bakti sekitar 10 orang untuk melakukan pemadaman.

“Tim bergerak cepat untuk melakukan pemadaman, terdiri dari personil Brigade Damkarhutan dari KPHP kota Jayapura sebanyak 4 orangka, ditambah 1 orang personil Saka Wanabakti dan 2 orang personil TNI Pos Pamrahwan,”ungkapnya.

Sementara, untuk peralatan, kata Yohanes, pihaknya hanya menurunkan Jet Shoter sebanyak 5 buah. Sementara, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 15.28 Wit.

Pihaknya meminta warga untuk tidak lagi membakar lahan untuk berconok tanam, pasalnya selain membuat hutan sebagai penyangga air dikota Jayapura tersebut gundul, dambak kebakaran juga sangat berbahaya terhadap warga yang bermukim di lokasi tersebut.

“Kami harapkan jangan ada lagi pembakaran lahan, karena wilayah ini menjadi penyangga air untuk Kota Jayapura dan sekitarnya, dikhawatirkan bisa banjir kalau hujan deras, dan lainnya jika sampai api menjalar hingga kerumah warga ini juga jadi masalah besar,”tegasnya. (Edy Siswanto).

Caption foto : Petugas Saat memadamkan api.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *