BUMN Hadir Untuk Negeri, Tak Hanya Bantu Sarana Air Bersih dan MCK, Telkom Wujudkan Masyarakat Digital di Pacitan

  • Whatsapp

Pacitan, 9 September 2016 – Setelah desa Senden, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek, Desa Gampeng, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk, maka kabupaten ke -3 yang mendapat bantuan sarana air bersih dan MCK dari program BUMN Hadir Untuk Negeri tahun ini adalah kabupaten Pacitan, tepatnya di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo. Peresmian program di Pacitan ini dilakukan hari ini, 09/09, bertempat di Balai Desa Kalak, kecamatan Donorojo, oleh Bupati Pacitan, Indartarto dan Executive Vice President Telkom Regional V Jatim, Bali, Nusra Suparwiyanto.

“Pemilihan lokasi pemberian bantuan sarana air bersih dan MCK ini kami koordinasikan dengan Pemerintah daerah setempat, namun pada umumnya, pemilihan lokasinya adalah lokasi yang terpencil atau paling jauh yang secara geografis kesulitan dalam mencari lokasi pendistribusian air bersih” kata EVP Telkom Regional V Jatim, Bali, Nusra Suparwiyanto.

Selain berada di lokasi terjauh dan berbatasan dengan Jawa Tengah, posisi desa Kalak Pacitan juga menjadi akses utama menuju objek pariwisata pantai yang cukup dikenal, yakni Pantai Klayar yang berjarak kurang dari 5 km. “Dan pemilihan lokasi pemberian bantuan disini kami rasa sudah sangat cocok mengingat salah satu problem yang harus disolusikan di wilayah-wilayah pariwisata adalah problem sanitasi”.

Pembangunan sarana air bersih di Kalak dilakukan dengan mengalirkan air melalui 2 tandon besar, dimana jarak ke lokasi pengambilan air berkisar antara 200 meter. Sedangkan MCK dibangun dengan 3 pintu. Sebelumnya, untuk keperluan bersih-bersih, warga masih banyak yang memanfaatkan sungai bahkan untuk mandi.

Program pemberian bantuan sarana air bersih dan MCK ini merupakan rangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri, dimana di Jawa Timur, Telkom menjadi koordinator utama pelaksana kegiatan bersama dengan 5 BUMN pendamping lainnya yakni PT Boma Bisma Indra, PT Garam, PT Petrokimia, PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) dan Perum Jasa Tirta 1. Sejatinya, program ini merupakan program untuk menyemarakkan HUT ke-71 Ke­mer­dekaan Republik Indonesia yang diselenggarakan oleh Ke­menterian Ba­dan Usaha Milik Negara (BU­MN) dengan tujuan agar keberadaan BUMN benar-benar dapat dirasakan manfaatnya bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Setelah 3 kota kabupaten ini rampung, berikutnya, tambah Parwi, masih ada satu kabupaten yang harus kami penuhi untuk memberikan bantuan penyediaan MCK, yakni Banyuwangi, berlokasi di 50 lokasi rumah penduduk. “Kami berharap sebelum akhir tahun, sudah terpenuhi” tambahnya.

TELKOM AKAN WUJUDKAN MASYARAKAT DIGITAL DI PACITAN

Selain membangun sarana air bersih dan MCK, Parwi juga berkomitmen untuk mempercepat terbentuknya masyarakat digital di kabupaten ini. Salah satu upaya yang menarik, dibangunnya Wifi.id Corner di Punung, lokasi di ujung barat di kabupaten Pacitan yang berbatasan langsung dengan propinsi Jawa Tengah.

“Kehadiran Wifi.id Corner ini akan sangat membantu masyarakat khususnya netter-netter muda sebagai generasi penerus bangsa untuk mendapatkan akses informasi yang bagus dengan kecepatan tinggi” katanya. Merekalah nanti yang akan membantu mempercepat terbentuknya masyarakat digital.

“Dicontohkan oleh Parwi seperti yang terjadi di lokasi-lokasi lain, jika nanti wifi.id corner ini jadi sepi, itu karena mereka sudah memanfaatkan akses internet di rumah-rumahnya dengan IndiHome”. Apalagi, tambahnya, wilayah yang dicover oleh STO Punung Pacitan, telah dilakukan modernisasi jaringan akses dari kabel tembaga menjadi fiber optik sehingga kecepatan akses internet yang bisa dimanfaatkan bisa sampai ratusan Mbps.

Melihat kondisi geografi wilayah yang beragam di Pacitan, dimana penggelaran kabel Telkom di beberapa tempat mempunyai kesulitan yang cukup tinggi, sudah diantisipasi solusinya oleh Telkom. Wilayah-wilayah tertentu yang tidak tercover jaringan akses, disolusikan dengan layanan satelit melalui IndiHome Sky. Sedangkan beberapa wilayah yang belum bisa terlayani layanan triple play dengan UseeTV. Telkom telah memberikan solusi IndiHome DTH.

Foto

Bupati Pacitan Indartato dan EVP Telkom Regional V Jatim Bali Nusra Suparwiyanto memukul kentongan saat meresmikan pemberian bantuan Sarana Air Bersih dan MCK yang berada di area pasar desa Kalak, kecamatan Donorojo Pacitan. 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *